Jumat 10 Jul 2020 07:26 WIB

Bottas dan Leclerc Bela Diri Setelah Kedapatan ke Monako

Padahal anggota tim seharusnya tetap dalam rombongannya di F1.

Red: Israr Itah
Valtteri Bottas
Foto: EPA-EFE/Diego Azubel
Valtteri Bottas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Valtteri Bottas dan Charles Leclerc mengaku mendapatkan izin untuk pulang ke rumah mereka di Monako setelah seri pembuka Formula 1 (F1) di Austria akhir pekan lalu. Padahal setiap anggota tim seharusnya tetap berada dalam rombongannya karena pandemi Covid-19.

Pembalap Mercedes dan Ferrari itu mendapatkan persetujuan dari kedua timnya setelah menyelesaikan lomba di mana mereka finis pertama dan runner-up.

Baca Juga

Bottas mengatakan di sesi jumpa pers virtual jelang Grand Prix Styria, Kamis, jika dia telah mendapatkan izin untuk pergi bersama kekasihnya, pesepeda asal Austria Tiffany Cromwell, yang juga hadir di Red Bull Ring ketika pembalap Finlandia itu keluar sebagai juara.

"Tentunya aku mendapat izin untuk pulang, dan ya," kata Bottas membenarkan. "Dan tentunya itu tak terlalu berbeda karena aku tinggal dengan orang-orang dari 'gelembung' yang sama ketika aku di sini atau ketika pulang ke rumah di Monako," kata Bottas seperti dikutip Reuters.

"Aku hanya ingin menghabiskan tiga hari penuh itu di rumah. Aku kira itu sangat bagus, aku merasa sangat terisi kembali (pulih) untuk akhir pekan ini... dari sudut pandang keselamatan tak ada bedanya sama sekali. Masih bersama orang-orang yang sama yang aku hadapi di sini."

Absennya Leclerc juga bisa mengakibatkan Ferrari terkena peringatan soal penerapan protokol Covid-19. Akhir pekan lalu siaran televisi juga memperlihatkan rekan Leclerc, Sebastian Vettel bicara kepada para petinggi tim Red Bull di paddock tanpa mengenakan masker.

Sedangkan protokol kesehatan yang dikeluarkan federasi otomotif internasional FIA menyebut jika setiap waktu yang dihabiskan di luar venue tertutup harus dihabiskan dengan anggota lain yang berada di kelompok yang sama, menjaga interaksi dengan orang di luar kelompok itu tetap minimal.

Sejumlah media melaporkan sejumlah foto yang diunggah di media sosial memperlihatkan Leclerc bersama teman-temannya di Monako.

"Aku telah dites dua kali sebelum pulang. Jadi dalam dua hari, dites dua kali, keduanya negatif tentunya. Itu saja," kata Leclerc.

"Aku pulang dua hari dan kemudian menjalani kedua tes itu untuk memastikan hasilnya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement