Kamis 16 Jul 2020 21:07 WIB

Gugas Bangka Tengah: Transmisi Lokal Harus Diantisipasi

Hingga kini sudah tercatat 16 kasus warga terpapar Covid-19 di Bangka Tengah.

Red: Yudha Manggala P Putra
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA, BABEL -- Tim Gugus Tugas (gugas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengantisipasi merebak kasus transmisi lokal penyebaran virus corona baru.

"Transmisi lokal harus diantisipasi karena ini terkait dengan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Tengah dr Bahrun R. Siregar di Koba, Kamis (16/7).

Ia menjelaskan di antara upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona baru itu dengan mengantisipasi peningkatan kasus transmisi lokal.

"Tentu ini terkait dengan kesadaran masyarakat, maka kami terus mengimbau tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19," ujarnya.

Ia menjelaskan baru-baru ini terjadi penambahan dua kasus warga terkonfirmasi positif corona, di mana satunya merupakan transmisi lokal.

"Masyarakat harus tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan selalu mencuci tangan untuk mengendalikan kasus transmisi lokal," ujarnya.

Ia menjelaskan hingga sekarang tercatat 16 kasus warga terpapar Covid-19 dengan rincian 12 sudah dinyatakan sembuh dan empat masih dalam perawatan.

"Kendati terjadi penambahan kasus, namun jumlah yang sembuh juga menunjukkan angka mengembirakan," ujarnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ هُوَ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ اِلَيْهَاۚ فَلَمَّا تَغَشّٰىهَا حَمَلَتْ حَمْلًا خَفِيْفًا فَمَرَّتْ بِهٖ ۚفَلَمَّآ اَثْقَلَتْ دَّعَوَا اللّٰهَ رَبَّهُمَا لَىِٕنْ اٰتَيْتَنَا صَالِحًا لَّنَكُوْنَنَّ مِنَ الشّٰكِرِيْنَ
Dialah yang menciptakan kamu dari jiwa yang satu (Adam) dan daripadanya Dia menciptakan pasangannya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, (istrinya) mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian ketika dia merasa berat, keduanya (suami istri) bermohon kepada Allah, Tuhan Mereka (seraya berkata), “Jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami akan selalu bersyukur.”

(QS. Al-A'raf ayat 189)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement