Selasa 21 Jul 2020 02:20 WIB

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Juara I Debat Daring

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara juara I debat daring Nasional.

Red: Nashih Nashrullah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara juara I debat daring Nasional. Logo Muhammadiyah.
Foto: Antara
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara juara I debat daring Nasional. Logo Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN— Tim Unit Debating Socirty Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) meraih gelar juara pertama pada ajang Kompetisi Debat Daring Siswa dan Mahasiswa Nasional yang diselenggarakan BEM FISIP Universitas Negeri Riau.

"Prestasi ini sangat membanggakan dan terasa istimewa karena kita dalam suasana menghadapi pandemi Covid-19," kata Rektor UMSU, Dr Agussani, di Medan, Senin (20/7).

Baca Juga

Dalam ajang kompetisi debat daring yang diikuti para debater dari sejumlah universitas ternama itu, tim UMSU yang diwakili Fiqi Ilham, Dinda Ulina Putri Harahap dan Ridho Irawan berhasil mengalahkan tim Universitas Indonesia pada babak final. Selain itu, Debater UMSU, Dinda Ulina Putri Harahap berhasil meraih best speaker. 

Dia mengatakan sukses yang diraih tim debat UMSU merupakan hasil pembinaan yang dilakukan secara berkesinambungan sekaligus menunjukkan proses kaderisasi dengan mempersiapkan tim pelapis berjalan baik.

"Keberhasilan UMSU meraih dan mempertahankan prestasi di ajang debat menunjukkan kaderisasi dan pembinaan yang dilakukan selama ini telah berjalan baik. Tentu untuk bisa meraih dan mempertahankan prestasi harus ada tim pelapis yang dipersiapkan," katanya.

Dia berharap prestasi tim debat UMSU di tingkat nasional ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk aktif dalam berbagai kegiatan positif yang nantinya diharapkan mampu membawa nama baik lembaga.

Meskipun dalam suasana bekerja dari rumah dan belajar dari rumah iak menghalangi mahasiswa untuk melahirkan karya dan kreativitasnya. “Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari komitmen Tim UDS UMSU dalam berlatih dan mempersiapkan diri dalam mengikuti lomba," tuturnya.

Dia menyebutkan keberhasilan tim debat UMSU telah membawa nama baik lembaga, universitas dan Muhammadiyah.

Diharapkan tim debat ini tidak terlena dan tetap berlatih serta mengasah kemampuan agar bisa mempertahankan dan meraih prestasi di even dan kegiatan selanjutnya. "Terus berlatih dan harus ada pelapis, sehingga UMSU bisa mempertahankan prestasi dalam lomba debat bahasa Inggris ke depannya,” katanya.

Berikut daftar pemenang kompetisi debat daring yang digelar BEM FISIP Universitas Negeri Riau, yakni juara I Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, juara II Universitas Indonesia, juara III Universitas Brawijaya, dan juara IV Universitas Lampung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement