Rabu 22 Jul 2020 00:40 WIB

Christian Bale Sebut Heath Ledger Main Total Sebagai Joker

Adegan pemukulan di film Batman enar-benar dilakukan Heath Ledger.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Ani Nursalikah
Aktor Heath Ledger saat berperan sebagai Joker di film The Dark Knight.
Foto: Reuters
Aktor Heath Ledger saat berperan sebagai Joker di film The Dark Knight.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film The Dark Knight rilis 12 tahun yang lalu, tepatnya pada 21 Juli di Inggris. Sejumlah fakta pun kembali dihadirkan untuk memperingati film sekuel dari Batman Begins yang menampilkan Christian Bale sebagai Batman. 

Dilansir di The Independent, Selasa (21/7), wawancara Bale muncul kembali menjelaskan tentang penggambaran Joker karya mendiang Heath Ledger. Wawancara yang diterbitkan oleh The Hollywood Reporter, Bale menceritakan kembali ingatannya tentang kerja yang optimal dan komitmen yang kuat dari mendiang Ledger.

Baca Juga

Menurut Bale, dalam film besutan Christopher Nolan itu, Ledger menyebut ingin dipukul secara nyata di salah satu adegan utamanya. Adegan yang paling terlihat adalah pada saat interogasi antara Batman dan Joker yang terjadi di pertengahan film.

"Seperti yang Anda lihat dalam film, Batman mulai memukuli Joker dan menyadari ini bukan musuh Anda yang biasa. Karena semakin aku memukulnya, semakin dia menikmatinya. Semakin aku memberinya kepuasan," ungkap Bale dalam wawancara yang dilakukan oleh Joseph McCabe 2008 silam itu. 

Dalam wawancara yang muncul pada buku 100 Things Batman Fans Should Know & Do Before They Die itu, Bale menyebut Ledger agak menghasutnya. Padahal, Bale tak ingin memukulnya secara nyata. 

"Ini akan terlihat sama baiknya jika saya tidak melakukannya. Dan dia malah mengatakan 'Teruskan. Teruskan. Teruskan," ujar Bale. 

Bale melanjutkan, aktor yang meninggal dunia beberapa bulan sebelum film itu rilis sempat membanting dirinya sendiri pada saat pengambilan gambar film itu. Malah, ada dinding ubin di dalam set itu yang retak dan penyok akibat dia melemparkan dirinya. 

"Komitmennya total," kata Bale. 

Setahun kemudian, Ledger kemudian memenangkan Oscar anumerta untuk peran itu.  Sementara, banyak pihak yang menyebut selama bertahun-tahun tentang bagaimana kesetiaan Ledger terhadap peran, mengubah kesehatan mentalnya sebelum kematiannya. Namun, keluarganya menolak klaim tersebut awal tahun ini.

Trilogi The Dark Knight dilengkapi dengan film The Dark Knight Rises yang rilis pada 2012 silam. Christopher Nolan, masih didapuk sebagai sutradaranya. 

Sebelumnya, Bale mengungkapkan dia tak begitu menggemari penampilannya sendiri di trilogi itu. Dia mengaku, penampilannya itu tidak cukup berhasil. 

Kabar terbaru, film baru Nolan, Tenet, kembali ditunda tanpa batas waktu oleh Warner Bros karena pandemi Covid-19. Penundaan itu menjadi penundaan kesekian kalinya setelah seharusnya dirilis pada Agustus mendatang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement