Senin 27 Jul 2020 17:08 WIB

Babel Terpilih Wakili Sumatra Untuk Penanaman Mangrove

Hutan Mangrove Munjang merupakan salah satu objek wisata dengan tema wisata edukasi.

Red: Hiru Muhammad
Gubernur Erzaldi Rosman mendampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar meninjau Mangrove Munjang Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah Senin (27/7).
Foto: istimewa
Gubernur Erzaldi Rosman mendampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar meninjau Mangrove Munjang Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah Senin (27/7).

REPUBLIKA.CO.ID, KURAU--Gubernur Erzaldi Rosman mendampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar meninjau Mangrove Munjang Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah Senin (27/7).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Babel, Danrem 045 Garuda Jaya, Bupati Bangka Tengah, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Babel, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Babel.

Gubernur Erzaldi bersama Menteri Siti Nurbaya menyusuri hutan mangrove dengan berjalan kaki. Hutan Mangrove Munjang merupakan salah satu objek wisata dengan tema wisata edukasi.

"Hutan Mangrove Munjang sudah banyak dikunjungi, tidak hanya hanya sebagai destinasi wisata, Hutan Mangrove Munjang juga digunakan sebagai wadah edukasi karena ada sekitar 50 jenis mangrove yang hidup di sini," ungkapnya.

Menteri Siti Nurbaya mengapresiasi Gubernur Erzaldi beserta pimpinan terkait pemanfaatan Hutan Mangrove Munjang. Karena itu, Bangka Belitung menjadi perwakilan wilayah sumatera untuk penanaman mangrove sekaligus pembagian Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial dalam memperingati hari mangrove sedunia.

"Saya mempersiapkan dan mengusulkan untuk kembali melakukan penyerahan SK tentang hutan sosial bagi masyarakat dan juga tanah yang dari hutan untuk reforma agraria, sekaligus kita ambil hutan mangrove karena hari mangrove sedunia. Babel dipilih sebagai tempat oleh Bapak Presiden untuk mewakili seluruh wilayah Sumatera. Ada sekitar 600-an SK yang akan diberikan dengan luas 600 ribu hektar seluruh Indonesia sampai pertengahan September," ungkapnya.

Di akhir kegiatan, Gubernur Erzaldi bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, berkesempatan menyusuri kawasan Hutan Mangrove Munjang menggunakan perahu motor.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement