Senin 03 Aug 2020 11:05 WIB

Inggris Bagikan Jutaan Alat Tes Kilat Deteksi Covid-19

Inggris bagikan alat tes yang mampu deteksi Covid-19 dalam waktu 90 menit

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Inggris bagikan alat tes yang mampu deteksi Covid-19 dalam waktu 90 menit. Ilustrasi.
Foto: AP/Silvia Izquierdo
Inggris bagikan alat tes yang mampu deteksi Covid-19 dalam waktu 90 menit. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Jutaan alat tes Covid-19 yang mampu mendeteksi virus dalam waktu 90 menit akan dibagikan ke rumah sakit, rumah perawatan dan laboratorium di Inggris guna menambah kapasitas dalam beberapa bulan ke depan. Keterangan ini disampaian Menteri Kesehatan Matt Hancock, Senin.

Menurut Hancock, akan tersedia 5,8 juta alat tes yang menggunakan DNA dan 450 ribu tes usap serta tak perlu dilakukan oleh profesional kesehatan.

Baca Juga

"Fakta bahwa alat tes ini mampu mendeteksi flu serta Covid-19 akan sangat bermanfaat ketika kami memasuki musim dingin, sehingga pasien dapat mengikuti arahan yang benar untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain," katanya.

Secara terpisah, Layanan Kesehatan Nasional yang didanai pemerintah mengatakan pihaknya akan membagikan pengobatan "Covid-19 ramah" kepada pasien kanker, termasuk obat yang tak memiliki efek besar dalam sistem imun.

Sistem perawatan kesehatan Inggris kewalahan selama negara tersebut menghadapi puncak pandemi Covid-19. Pandemi ini telah membunuh lebih dari 46 ribu orang di Inggris, jumlah tertinggi keempat di dunia menurut hitungan Reuters, Ahad.

Di jajaran negara-negara yang sedang berpacu menemukan vaksin Covid-19, Inggris termasuk berada di garis depan. Para peneliti di Laboratorium Universitas Oxford termasuk yang menelaah virus yang kini jadi pandemi itu.

Mereka telah menghasilkan calon vaksin yang kini sedang diuji klinis untuk melihat keampuhan dan keamanan vaksin corona itu saat digunakan sebagai penangkal penyakit yang pertama kali muncul akhir tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement