Senin 14 Sep 2020 02:33 WIB

Pekan ASI, Yuk Ingat 1.001 Kebaikan Menyusui Bagi Ibu-Bayi

ASI dan menyusui jadi momen pertama dan membahagiakan bagi ibu-bayi

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Foto: Republika
Pekan menyusui, Beragam kebaikan menyusui bagi ibu dan si bayi

REPUBLIKA.CO.ID, Air Susu Ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik untuk anak. Pemberian ASI tidak hanya berdampak baik untuk anak, tetapi juga ibu dan bahkan lingkungan karena ASI merupakan makanan alami yang diproduksi tanpa polusi, kemasan ataupun limbah.

Dalam perayaan Pekan Menyusui Dunia yang jatuh 1 hingga 7 Agustus, yuk kita ingat kembali berbagai kebaikan yang didapat ibu dan anak dari menyusui dengan ASI.

1. ASI merupakan makanan pertama terbaik untuk anak dan momen menyusui akan menjadi momen menggembirakan tak terlupakan baik untuk Ibu dan anak.

2. Kandungan zat gizi pada ASI meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Kesemua zat gizi ini membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada otak anak dan juga memengaruhi perkembangan kemampuan intelektual anak serta perkembangan emosi

3. ASI cenderung lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan anak. Selain itu ASI mengandung IgA sekresi atau antibodi yang berfungsi sebagai pertahanan mukosa di saluran cerna untuk melindungi anak terhadap infeksi.

3. Pemberian ASI menurunkan resiko Ibu terserang penyakit tertentu seperti radang sendi sebesar 20 persen selama menyusui minimal 12 bulan, diabetes tipe 2 sebesar 4 – 12 persen, hipertensi sebesar 11 persen, jantung sebesar 19 persen dan kanker payudara dan ovarium sebesar 28 persen.

4. Hormon oksitosin yang dilepas selama proses menyusui membuat rahim berkontraksi lebih baik dan memudahkan mengembalikan rahim ke ukuran normal.

Sumber: Santi Sopia pengolah: Ichsan Emrald

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement