Selasa 04 Aug 2020 17:58 WIB

Siswa SD-SMP Surabaya Bisa Belajar dari Televisi

Surabaya menggandeng stasiun televisi swasta menyediakan akses belajar daring.

Red: Ani Nursalikah
Siswa SD-SMP Surabaya Bisa Belajar dari Televisi. Ilustrasi
Foto: ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S
Siswa SD-SMP Surabaya Bisa Belajar dari Televisi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pelajar sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pelajar (SMP) di Kota Surabaya, Jawa Timur mendapatkan fasilitas sistem pembelajaran melalui televisi selama pandemi Covid-19. Kepala Dinas Pendidikan (Dinkes) Kota Surabaya Supomo mengatakan Pemerintah Kota Surabaya menggandeng stasiun televisi swasta dalam menyediakan akses literasi pembelajaran melalui daring.

"Akses literasi melalui televisi lokal itu, dapat dimanfaatkan secara gratis oleh pelajar SD dan SMP," katanya, Selasa (4/8).

Baca Juga

Menurut dia, walaupun di dalam suasana yang sangat terbatas, kualitas pembelajaran ini diperlukan agar anak-anak kita semakin pintar. Kerja sama bersama televisi itu adalah varian pilihan dengan harapan semua anak-anak Surabaya bisa belajar dengan mudah.

Meski demikian, kata Supomo, Dispendik Surabaya sebelumnya juga menyediakan akses literasi belajar bagi siswa jenjang SD dan SMP baik itu melalui daring maupun luring dengan memberikan tugas setiap minggu kepada anak-anak.

"Itu semua kita lakukan supaya kualitas pembelajarannya bagus. Mereka anak-anak tidak bosan. Dengan demikian pembelajaran ini berjalan dengan menarik," katanya.

Supomo menjelaskan bahwa para pengajar di program belajar melalui televisi tersebut, diisi oleh para guru berdasarkan mata pelajarannya. Pengajar itu berasal dari sekolah negeri maupun swasta di Surabaya. Bahkan, pihaknya juga telah mengatur jadwal mata pelajarannya sedemikian rupa.

"Ada guru dari sekolah negeri, ada dari swasta, bergantian jadwalnya. Realisasinya baru mulai Senin (3/8)," kata dia.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (Kabid GTK), Dispendik Surabaya Mamik Suparmi menjelaskan Pemkot Surabaya menggandeng dua stasiun televisi swasta dalam menyediakan akses literasi belajar, yakni TV-9 bagi siswa jenjang SMP dan SBO TV untuk siswa SD.

"Antusiasmenya luar biasa. Saat interaktif, banyak sekali yang telepon, anak-anak sangat antusias," kata Mamik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement