Ahad 09 Aug 2020 02:37 WIB

Gerakan 26 Juta Masker Pemda dan PKK Jatim Diluncurkan

Pembagian masker mulai dilakukan sejak akhir pekan ini.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian membagikan masker kepada warga di Kampung Ekologi Temas Kota Batu, Jatim.
Foto: Dok. Pkk
Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian membagikan masker kepada warga di Kampung Ekologi Temas Kota Batu, Jatim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerakan Membagikan 26 juta masker se-Provinsi Jawa Timur resmi diluncurkan akhir pekan ini sebagai sebuah upaya pencegahan penularan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Usai peresmian, Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian langsung membagikan masker dan sembako kepada warga di Kampung Heritage Kayutangan, Kampung Tangguh Semeru di Dusun Jetak Lor, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, dan Kampung Ekologi Temas, Kabupaten Malang.

Pembagian masker yang dilakukan bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Emil Dardak, serta Forkopimda Kabupaten Malang mendapat sambutan baik dari masyarakat setempat.

“Alhamdulillah senang, apalagi di tengah pandemi kayak gini, kita tuh lagi butuh masker dan sosialisasi tentang penggunaan masker itu juga penting, kalau dari atas turun ke bawah merasa lebih diperhatikan,” kata Ovi selaku Ibu Rumah Tangga dari Kampung Heritage Kayutangan.

Senada dengan itu, seorang warga Dusun Jetak Lor, Desa Mulyoagung Kabupaten Malang lainnya bernama Sintatik merasa bersyukur karena pemerintah dan PKK telah memberikan bantuan ini yang dampaknya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. 

“Dengan bantuan ini warga masyarakat akan juga respon terhadap apa yang pernah disampaikan oleh pimpinan di atas, khususnya menyangkut masalah prokol kesehatan. Mudah-mudahan warga masyarakat juga tidak akan melupakan bahwa protokol kesehatan harus selalu dilaksanakan, karena sampai sekarang virus ini belum tau sampai kapan selesainya,” kata Sintatik.

Yulia Rahmawati, seorang warga berprofesi sebagai tenaga kesehatan di Kecamatan Dau Kabupaten Malang merasa sangat bahagia adanya bantuan dari Ketum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian di daerahnya, dan juga beharap masyarakat benar-benar bisa menggunakan masker ini setiap saat. 

“Apa yang dilakukan pemerintah, baik bantuan maupun dukungan lainnya  saya rasa cukup untuk masyarakat, yang saya inginkan masyarakat benar-benar patuh terhadap protokol kesehatan, bahwa itu adalah kebutuhannya,” kata Yulia. 

Tri Tito Karnavian berpesan agar warga mengenakan masker secara benar. “Pakai maskernya harus betul, agar terhindar dari virus,” ucap Tri.

Pada kesempatan itu pula, dia memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memakai masker untuk pencegahan Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement