Senin 10 Aug 2020 06:42 WIB

Penumpang Reaktif Covid-19, Pesawat Lion Didisinfeksi

Petugas Lion Air tidak teliti memeriksa dokumen kesehatan calon penumpang.

Red: Ani Nursalikah
Penumpang Reaktif Covid-19, Pesawat Lion Didisinfeksi. Ilustrasi
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Penumpang Reaktif Covid-19, Pesawat Lion Didisinfeksi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP) Jayapura melakukan penyemprotan disinfektan terhadap pesawat Lion JT- 797, Ahad (9/8). Kepala KKP Jayapura Harold Pical mengatakan penyemprotan dilakukan sesaat setibanya pesawat di Bandara Sentani setelah diindikasikan membawa penumpang reaktif Covid-19 tujuan Merauke.

"Memang benar ada laporan salah seorang penumpang dari Sentani tujuan Merauke hasil rapid testnya reaktif dan baru diketahui setibanya di Merauke. Setelah mendapat laporan tersebut, kami sempat menelusuri dan memang itu kelalaian petugas yang tidak teliti memeriksa dokumen kesehatan calon penumpang," ujarnya.

Baca Juga

Ia menyebut, dari laporan yang diterima terungkap sempat terjadi keributan saat petugas melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan sehingga tidak teliti.

"Yang bersangkutan saat ini sudah diminta melakukan karantina mandiri menunggu dilakukannya pemeriksaan swab di Merauke," kata Harold.

GM Lion Jayapura Bowo secara terpisah mengaku baru mengetahui adanya penumpang tujuan Merauke yang hasil pemeriksaan kesehatannya menunjukkan reaktif.

"Bila kami mengetahui dari awal, maka penumpang tersebut tidak akan diterbangkan," kata Bowo.

Ia menambahkan, dengan adanya insiden tersebut ke depan akan meminta petugas di bandara lebih teliti terhadap calon penumpang.

Secara kumulatif jumlah warga yang positif Covid-19 di Papua tercatat 3.151 orang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement