Jumat 14 Aug 2020 09:03 WIB

Presiden Jokowi Tiba di Kompleks Parlemen Kenakan Baju Adat

Sidang tahunan dijadwalkan selesai pukul 16.00 WIB.

Rep: Febrianto Adi Saputro/Nawir Arsyad Akbar/ Red: Indira Rezkisari
Suasana di Kompleks Parlemen Senayan jelang sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPD, Kamis (13/8).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Suasana di Kompleks Parlemen Senayan jelang sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPD, Kamis (13/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iring-iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Kompleks Parlemen pukul 08.23 WIB. Jokowi tiba di gedung Nusantara mengenakan pakaian adat Sabu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Setibanya di Kompleks Parlemen, Jokowi bersama pimpinan lembaga negara lainnya langsung berfoto bersama dengan latar besar bergambar logo tema peringatan HUT Kemerdekaan RI yang terletak di tengah gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan.  Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka peringatan  kemerdekaan HUT. Selain itu Jokowi juga akan pidato Presiden dalam rangka penyampaian RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2021.

Baca Juga

MPR menggelar Sidang Tahunan, Jumat (14/8) pagi ini. Berbeda dengan sidang tahunan di tahun sebelumnya, sidang tahunan kali ini digelar bersamaan dengan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, serta pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam menyampaikan RAPBN 2021.

Berdasarkan daftar susunan acara, acara dijadwalkan  dimulai pukul 09.00 WIB. Usai menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' dan 'Mengheningkan Cipta', acara akan dibuka langsung oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Tahun ini mantan presiden Republik Indonesia dan duta besar tak hadir secara fisik di Kompleks Parlemen. "Duta besar, mantan presiden, dan anggota yang tidak bisa hadir secara fisik diundang melalui virtual," ujar Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar, Kamis (13/8).

Tamu yang hadir secara fisik juga dibatasi, agar penerapan jaga jarak dapat terlaksana. Unsur DPR yang hadir fisik ada sekira 176 orang, MPR dan DPD masing-masing sebanyak 50 orang.

"Menteri pun yang hadir hanya menko-menko saja yang diundang," ujar Indra.

Sidang tahunan hari ini, akan dijadwalkan selesai pada pukul 16.00 WIB. "Siangnya dilanjutkan dengan pidato nota keuangan pemerintah dalam rangka UU APBN 2021 mulai jam 2 (siang) sampai jam 4," ujar Indra.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَآ اَفَاۤءَ اللّٰهُ عَلٰى رَسُوْلِهٖ مِنْ اَهْلِ الْقُرٰى فَلِلّٰهِ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ كَيْ لَا يَكُوْنَ دُوْلَةً ۢ بَيْنَ الْاَغْنِيَاۤءِ مِنْكُمْۗ وَمَآ اٰتٰىكُمُ الرَّسُوْلُ فَخُذُوْهُ وَمَا نَهٰىكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوْاۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِۘ
Harta rampasan (fai') dari mereka yang diberikan Allah kepada Rasul-Nya (yang berasal) dari penduduk beberapa negeri, adalah untuk Allah, Rasul, kerabat (Rasul), anak-anak yatim, orang-orang miskin dan untuk orang-orang yang dalam perjalanan, agar harta itu jangan hanya beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah sangat keras hukuman-Nya.

(QS. Al-Hasyr ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement