Jumat 14 Aug 2020 17:27 WIB

Jakarta Aquarium akan Kibarkan Bendera Raksasa di Bawah Air

Atraksi Mermaid Show akan mempertunjukkan pengibaran bendera merah putih raksasa.

Red: Reiny Dwinanda
Jakarta Aquarium. Mermaid Show akan menghadirkan putri duyung sebagai pengibar bendera merah putih.
Foto: Darmawan / Republika
Jakarta Aquarium. Mermaid Show akan menghadirkan putri duyung sebagai pengibar bendera merah putih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para perenang akan melakukan pengibaran bendera merah putih raksasa dalam Mermaid Show yang dilakukan seluruhnya di bawah air. Atraksi "puteri duyung" itu dapat disaksikan di akuarium terbesar indoor di Indonesia, Jakarta Aquarium.

Direktur pertunjukkan Pearl of the South Sea (Mutiara dari Pantai Selatan) di Jakarta Aquarium Peter Wilson mengatakan, pihaknya akan menggelar atraksi yang disebutnya penuh tantangan. Pertunjukan akan melibatkan para perenang yang seluruhnya asli dari Indonesia.

Baca Juga

"Tidak ada pertunjukkan mana pun sejauh ini yang mengkombinasikan dunia air dengan 'puteri duyung' dan panggung pertunjukan normal," ujar Peter, Jumat.

Peter yang dikenal sebagai Director of the Olympic Games in Sydney, Australia, the ASIAN Games di Doha, serta the Bali games and the Bali Agung shows di Bali Safari Park, juga menjadi sutradara dari pertunjukan mermaid bertajuk Pearl of the South Sea.

"Saya sangat terinspirasi dengan kisah-kisah legenda Indonesia dan mematangkannya berbulan-bulan untuk menjadi kisah yang orisinal dan menjadi sebuah produksi pertunjukan,” katanya.

Tantangan pertama dalam atraksi tersebut, menurut Peter, ialah mencari seorang penyelam tanpa alat apapun freediver yang bisa tahan berenang di dalam air setidaknya selama tiga menit. Sebagai gambaran, orang biasa umumnya hanya bisa menahan napas di air selama 15 detik saja.

Peter menyebut, para "puteri duyung" atau perenang di Jakarta Aquarium memenuhi kriteria ini. Mereka bahkan bisa menahan napas hingga 5 menit di dalam air.

Salah satu perenang, yakni Nikita, menjadi perempuan pertama yang menjadi instruktur freediving di Indonesia dan mendirikan Freediving School di Jakarta. Ia juga sembilan kali memengang National Record Holder Freediving.

Bersama-sama perenang Pia, yang tercatat merupakan pendiri Mermaid School pertama di Indonesia pada 17 Agustus 2020, keduanya akan menari di dalam akuarium besar setelah pengibaran bendera merah putih raksasa. Head of Social, Branding, and Communication Jakarta Aquarium Fira Basuki, mengatakan bahwa beragam atraksi termasuk berang-berang yang mengibarkan bendera merah putih akan digelar di Jakarta Aquarium menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Masyarakat bisa menyaksikan 8 atraksi yang akan digelar menyambut HUT ke-75 RI,” katanya.

Atraksi berikutnya, Jakarta Aquarium mengajak para selebritas, influncer, dan pengunjung untuk menyanyikan lagu "Indonesia Raya" bersama artis Asty Ananta dan Dikta (penyanyi Yovie and Nuno). Selain itu, ada interaksi dengan satwa secara langsung bagi pengunjung semua umur, atraksi aqua trekking, dan makan makanan khas nusantara sambil memberi makan pinguin.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَهُوَ الَّذِيْٓ اَنْشَاَ جَنّٰتٍ مَّعْرُوْشٰتٍ وَّغَيْرَ مَعْرُوْشٰتٍ وَّالنَّخْلَ وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا اُكُلُهٗ وَالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍۗ كُلُوْا مِنْ ثَمَرِهٖٓ اِذَآ اَثْمَرَ وَاٰتُوْا حَقَّهٗ يَوْمَ حَصَادِهٖۖ وَلَا تُسْرِفُوْا ۗاِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَۙ
Dan Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan,

(QS. Al-An'am ayat 141)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement