Ahad 16 Aug 2020 06:19 WIB

Abah Anom, Sufi Penyembuh Rohani

Abah Anom identik dengan Pondok Inabah Surayalaya.

Red: Muhammad Hafil
Abah Anom, Sufi Penyembuh Rohani. Foto: Abah Anom
Foto: grooko.com
Abah Anom, Sufi Penyembuh Rohani. Foto: Abah Anom

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Namanya identik dengan Pondok Inabah Suryalaya di Tasikmalaya, Jawa Barat. Pondok ini terkenal karena berhasil mengobati para pencandu narkoba dengan nilai-nilai hakiki agama Islam. Tak heran, para petinggi negeri ini, seperti Soeharto, Megawai, Jusuf Kalla, dan SBY pernah bersilaturahim untuk menemui tokoh yang pernah ikut memperjuangkan kemerdekaan dan menumpas gerombolan DI/TII bersama prajurit TNI ini.

KH A Shobibulwafa Tajul Arifin atau yang akrab disapa Abah Anom lahir pada 1 Januari 1915 di Kampung Godebah, Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pegeurageung, Tasikmalaya. Ia merupakan putra kelima pendiri Pondok Pesantren Suryalaya, Syekh Abdullah bin Nur Muhammad atau Abah Sepuh, dan istrinya Hj Juhriyah. Ponpes Suryalaya dikenal sebagai pesantren tasawuf yang khusus mengajarkan Thariqat Qadiriyyah Naqsabandiyah (TQN).

Baca Juga

Ia memasuki bangku sekolah dasar (Vervooleg school) di Ciamis pada usia delapan tahun. Lima tahun kemudian, ia melanjutkan ke madrasah tsanawiyah di kota yang sama. Lulus dari tsanawiyah, ia mendalami ilmu agama Islam secara lebih khusus di berbagai pesantren. Tak heran, jika ia keluar-masuk banyak pesantren di sekitar Jawa Barat.

Ilmu-ilmu Islam secara khusus mulai dipelajari Abah Anom pada 1930. Ia berguru dengan berpindah-pindah pondok pesantren di sekitar Jawa Barat. Ilmu fikih ia pelajari dari seorang kiai di Pesantren Cicariang, Cianjur. Ilmu nahwu, shorof, dan balaghah ia pelajari di Pesantren Jambudipa, Cianjur. Dari Pesantren Jambudipa, Abah Anom melanjutkan perantauannya dalam menimba ilmu ke Pesantren Gentur asuhan Ajengan Syatibi. Pesantren yang disebut terakhir juga berada di Cianjur.

Pada 1937, Abah Anom nyantri di Pesantren Cireungas, Cimelati, Sukabumi. Di pesantren inilah, Abah Anom mempelajari berbagai hal tentang manajerial dan kepemimpinan, termasuk pengelolaan pesantren. Pendidikan Abah Anom tidak berhenti di sini. Kali ini, giliran Pesantren Citengah, Panjalu, disambanginya. Di pesantren pimpinan H Junaedi itu, ia memperdalam ilmu agama dan ilmu silat.

Tahun berikutnya (1938), Abah Anom menunaikan ibadah haji. Seperti ulama Indonesia lainnya, ia pun tak hanya berhaji selama di Tanah Suci, tapi juga menimba ilmu. Di sana, ia memperdalam ilmu tasawuf dan tarekat selama tujuh bulan pada Syekh H Romli asal Garut yang bermukim di Jabal Gubeys, Makkah.

Di masa berikutnya, Abah Sepuh memerintahkan Abah Anom untuk melaksanakan riyadoh dan ziarah ke makam para wali. Tak sekadar berziarah, perintah ini juga dimaksudkan agar Abah Anom menimba ilmu di sejumlah pesantren di luar Jawa Barat. Melaksanakan perintah itu, Abah Anom berguru di Pesantren Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, juga di Pesantren Bangkalan, Madura. Kali ini Abah Anom tak sendirian, tetapi ditemani kakak kandungnya, HA Dahlan, dan wakil Abah Sepuh, KH Pakih dari Talaga, Majalengka.

Kegemarannya menuntut ilmu menyebabkan Abah Anom menguasai berbagai macam ilmu keislaman pada usia relatif muda. Didukung dengan ketertarikannya pada dunia pesantren, mendorong sang ayah untuk mengajarinya zikir TQN. Karenanya, dalam usia relatif muda, ia telah menjadi wakil talkin ayahnya. Dan bisa jadi sejak itu pula, ia dikenal sebagai Abah Anom. Ia resmi menjadi mursyid (pembimbing) TQN di Pesantren Suryalaya sejak 1950.

Tak lari ke gunung

Mengenai eksistensi tasawuf dalam Islam, Abah Anom berpendapat, “Tasawuf tidak hanya produk asli Islam, tapi ia telah berhasil mengembalikan umat Islam kepada keaslian agamanya dalam kurun-kurun tertentu.’’

Semasa hidupnya, Abah Anom dikenal luas sebagai ulama yang memiliki pemikiran tasawuf berbeda. Tasawuf yang dipahami Abah Anom bukanlah tasawuf yang cenderung mengabaikan syariah karena mengutamakan zauq (rasa). Menurutnya, sufi dan pengamal tarekat tidak boleh meninggalkan ilmu syariah atau ilmu fikih. Sebab, ilmu syariah inilah yang nantinya mengantarkan seorang sufi mencapai derajat makrifat.

Jika banyak orang menganggap bahwa seorang sufi cenderung menyendiri dan manjauhi dunia ramai, tak demikian halnya dengan Abah Anom. Ia bukanlah sosok sufi yang lari ke hutan-hutan dan gunung- gunung. Sebaliknya, ia justru akrab dengan berbagai medan kehidupan, mulai dari pertanian sampai pertempuran.

Pada 1950-1960-an, ketika kondisi perekonomian rakyat amat mengkhawatirkan, Abah Anom turun sebagai pelopor pemberdayaan ekonomi umat. Ia aktif membangun irigasi untuk mengatur pertanian, juga pembangunan kincir angin untuk pembangkit tenaga listrik.

Ia juga membuat semacam program swasembada beras di kalangan masyarakat Jawa Barat untuk meng antisipasi krisis pangan. Aktivitas ini menarik perhatian Menteri Kesejahteraan Rakyat waktu itu, Suprayogi, dan Jenderal AH Nasution yang kemudian berkunjung dan meninjau kegiatan itu di Pesantren Suryalaya.

Sebelumnya, pada masa-masa per juangan kemerdekaan, Abah Anom pun mengambil peran aktif. Ia bersama Brigjen Akil bahu-membahu memulihkan keamanan dan keter tiban di wilayahnya. Pengalaman keluar-masuk penjara pun menjadi perkara biasa bagi Abah Anom. Kemudian, ketika pemberontakan PKI meletus (1965), ia bersama para san trinya melakukan perlawanan bersenjata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement