Rabu 19 Aug 2020 13:14 WIB

Cara Bedakan Batuk Biasa dengan Gejala Virus Corona

Gejala Covid-19 mirip dengan gejala penyakit lain, salah satunya batuk.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gejala Covid-19 telah memicu banyak kebingungan dan kepanikan karena mirip dengan gejala penyakit lain. Salah satunya batuk yang sulit dibedakan.

Batuk adalah gejala paling umum virus corona Covid-19 yang bisa memicu kebingungan. Sebab, seseorang bisa saja batuk alergi atau batuk karena terinfeksi virus Covid-19.

Kondisi itulah yang membuat banyak orang sulit menentukan batuk itu tanda virus corona Covid-19 atau tidak. Tapi, ada dua cara yang bisa membantu membedakan batuk akibat virus corona.

Menurut penelitian terbaru dilansir dari Express, batuk kering adalah salah satu gejala umum yang terlihat pada sekitar 60 persen kasus virus corona Covid-19.

NHS menggambarkan jenis batuk ini sebagai batuk geli atau gatal yang tidak menghasilkan dahak atau lendir kental. Sebaliknya, batuk dada berarti dahak diproduksi untuk membantu membersihkan saluran udara Anda.

Kondisi ini juga menyatakan bahwa batuk baru dan terus-menerus adalah tanda peringatan utama virus corona Covid-19. Artinya, banyak batuk selama lebih dari satu hingga tiga jam atau lebih episode dalam 24 jam.

Menurut penelitian, gejala umum lainnya meliputi sesak napas, demam, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, gangguan penciuman dan rasa serta kelelahan.

Jika Anda mengalami gejala utama virus corona Covid-19, Anda perlu menjalani tes medis dan mengisolasi diri di dalam rumah. Selain mengisolasi diri, tips lain meminimalkan risiko tertular termasuk jaga jarak, pakai masker, disinfektan permukaan hingga sering mencuci tangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement