Jumat 21 Aug 2020 13:35 WIB

Sosok Dirut BRI, Penyuka Wayang dan Sepak Bola

Maradona, dia adalah kreator ide dari segala macam wayang

Rep: Novita Intan/ Red: Budi Raharjo
Direktur Umum PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso saat diwawancarai Republika di Gedung BRI, Jakarta, Kamis (2/7). Dalam wawancara tersebut membahas tentang langkah strategi BRI di tengah pandemi COVID-19.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Direktur Umum PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso saat diwawancarai Republika di Gedung BRI, Jakarta, Kamis (2/7). Dalam wawancara tersebut membahas tentang langkah strategi BRI di tengah pandemi COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika Sunarso kembali ke BRI dari jabatan sebelumnya Direktur Utama PT Pegadaian yang hanya bertahan setahun, ada sinyal sosok ini punya kans besar memimpin bank dengan aset terbesar di Indonesia.

Sunarso memiliki rekam jejak panjang terhadap industri jasa keuangan. Sejak kecil dirinya sangat menyukai pola tabung menabung. Bahkan, menurutnya, menabung sebagai investasi masa depan yang sangat penting. “Menabung menurut saya penting karena kita tidak bisa memastikan masa depan,” ujarnya.

Pola menabung ini kerap kali diajarkan ke anak-anaknya. Sunarso mengatakan bahwasannya makna menabung dalam arti investasi memiliki tiga hal penting, pertama investasi uang, kedua menabung kesehatan, dan ketiga menabung ilmu.

“Saya ke keluarga mengajari menabung dan semua anak-anak punya rekening. Menabung juga penting dalam arti investasi olahraga dan memakan makanan sehat. Dan menabung ilmu, artinya akumulasi ilmu pengetahuan sebagai proses pembelajaran,” ucapnya.

Pria yang menyukai olahraga bola ini juga andal memainkan atraksi wayang. Bahkan, ia menonton  wayang lewat layar handphone melalui Youtube, setiap hari.

“Saya setiap malam suka Youtube wayang dari berbagai versi dan dalang. Dimulai Banyumas, Matarama, Solo, Jawa Timur, Suroboyo. Tokoh wayang saya suka kresna, dia adalah kreator ide dari segala macam wayang,” ucapnya.

photo
Direktur Umum PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso saat diwawancarai Republika di Gedung BRI, Jakarta, Kamis (2/7). Dalam wawancara tersebut membahas tentang langkah strategi BRI di tengah pandemi COVID-19. - (Republika/Thoudy Badai)

Tak hanya kesenian wayang, Sunarso juga hobi berolahraga sepak bola. Pemain favoritenya adalah Maradona. “Posisinya dulu ketika muda striker saya bisa menempati dua posisi adalah sayap kanan. Sekarang agak tua mundur sedikit posisinya menjadi gelandang, bagi-bagi bola. Pemain favorite yang menurut saya dilahirkan oleh alam dan luar biasa adalah Maradona,” ucapnya.

Sunarso menyebut sosok Maradona adalah pemimpin di lapangan bukan hanya sekadar pemain sepak bola saja. Bahkan Maradona sangat memengaruhi warna dalam timnya, dalam arti hal penyemangat timnya. “Maradona, dia adalah kreator ide dari segala macam wayang,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement