Rabu 26 Aug 2020 13:56 WIB

Undip Resmikan Gedung Sekolah Vokasi

Gedung Sekolah Vokasi Undip mengusung konsep ramah lingkungan.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Univesitas Diponegoro (Undip) kini memiliki gedung baru Sekolah Vokasi. Gedung yang dibangun melalui sinergi antara Undip, Astra dan Sinar Mas tersebut mengusung konsep teknologi industri 4.0 dan ramah lingkungan.

Pemanfaatan gedung Sekolah Vokasi Undip ini secara resmi ditandai dengan peresmian jarak jauh (virtual) yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia (RI), H Joko Widodo, Rabu (26/8).

Baca Juga

Rektor Undip, Yos Johan Utama mengatakan, dalam menghadapi persaingan global dan tantangan revolusi industri 4.0 perlu didorong implementasi ‘link and match’ antara pendidikan vokasi dengan dunia industri.

“Oleh karena itu sinergi antara Undip sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi bersama dengan industri, merupakan bagian dari upaya menyiapkan SDM aandal dan berdaya saing di tingkat nasional maupun global,” jelasnya.

Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro menyampaikan, Astra turut mendukung program pendidikan vokasi di tingkat sekolah menengah dan perguruan tinggi.

Hingga saat ini, jelasnya, Grup Astra telah membina sedikitnya 2.813 SMK dalam bentuk pengembangan link and match antara SMK dan industri, praktek kerja lapangan, pengembangan kurikulum serta prasarana pendidikan.

Sementara itu, Managing Director Sinar Mas, G Sulistiyanto menambahkan, kebutuhan SDM vokasi saat ini sangat tinggi. Hanya saja, kuantitas angkatan kerja kejuruan masih terbatas dan mereka yang memiliki kemampuan sesuai kebutuhan industri jauh lebih sedikit.

Oleh karena itu, kemitraan melalui link and match antara dunia pendidikan dan dunia industri dapat menjadi solusi untuk menjembatani kebutuhan SDM tersebut. “Tak terkecuali bagi Sinar Mas,” tegasnya.

Gedung yang mulai dibangun pada 12 Maret 2019 tersebut berdiri di atas lahan seluas 4.900 meter persegi. Bangunan fisiknya dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai ruangan dalam proses belajar mengajar pendidikan vokasional.

Antara lain ruang kuliah berteknologi 4.0 seperti digital class room, video conference, studio produksi bahan kuliah MOOC (Massive Online Open Course), ruang perpustakaan dan arsip digital serta laboratorium.

Gedung juga dilengkapi ruangan untuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Vocational Development Center (VDC) guna menyiapkan lulusan agar siap kerja. Di antara ruang yang juga sangat bermanfaat adalah lounge entrepreuneurship kerjasama Undip dengan GK Plug and Play.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement