Ahad 30 Aug 2020 22:47 WIB

Satu Nakes Positif, Swab 20 Karyawan Klinik UGM Negatif

Satu Nakes yang positif menjalani isolasi mandiri di rumah.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Karta Raharja Ucu
Petugas kesehatan melakukan tes usap (swab test).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Petugas kesehatan melakukan tes usap (swab test).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sebanyak 20 karyawan klinik Gadjah Mada Medical Center (GMC) UGM akhirnya menjalani test swab. Dari tes usap tenggorokan dan rongga hidung itu, seluruh karyawan dipastikan negatif Covid-19.

"Hasil swab test kepada 20 karyawan GMC UGM sudah ke luar dan dinyatakan semuanya negatif," kata Ketua Satgas Covid-19 UGM, Dr Rustamadji, Sabtu (29/8).

Tes sendiri dilakukan setelah satu tenaga kesehatan mereka terkonfirmasi positif Covid-19. Ia menekankan, karyawan-karyawan yang telah dinyatakan negatif Covid-19 dapat menjalankan tugasnya di klinik GMC UGM.

Sedangkan satu tenaga kesehatan yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 dari swab test mandiri, kata dia, telah menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Ia mengungkapkan, tenaga kesehatan tersebut dalam kondisi sehat.

"Tanpa gejala, dan sudah menjalani isolasi mandiri di rumahnya," ujar Adji.

Sebelumnya, UGM melakukan tracing usai satu orang lulusannya terkonfirmasi positif. Setelah itu, satu orang tenaga kesehatan di GMC UGM terkonfirmasi pula positif Covid-19 setelah melakukan swab test mandiri.

Yang bersangkutan disebut memang tidak banyak berinteraksi dengan pasien dan karyawan lain pekan lalu. Selain lakukan swab test kepada karyawan-karyawan di GMC, UGM turut melaksanakan dekontaminasi ruangan-ruangan di GMC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement