Selasa 01 Sep 2020 11:51 WIB

Jokowi: Pakai Masker Sebelum Ada Vaksinasi

Jokowi mengatakan masker jadi kunci pengendalian Covid-19 sebelum ada vaksinasi.

Red: Ratna Puspita
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pentingnya masyarakat untuk selalu menggunakan masker. Sebab, masker sebagai tindakan pencegahan menjadi kunci pengendalian pandemi Covid-19 sebelum ada vaksinasi.

Jokowi meminta agar pentingnya penggunaan masker disampaikan terus menerus kepada masyarakat, termasuk protokol kesehatan mencuci tangan dengan sabun, berjaga jarak, dan menghindari kerumunan. “Ini kunci sebelum vaksin, pemakaian masker ini penting,” kata presiden dalam pengarahan kepada para gubernur secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/9).

Baca Juga

Presiden juga meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan pengawasan dalam penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Sanksi terhadap pelanggar protokol kesehatan harus diterapkan.

Presiden sebelumnya sudah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disipilin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang mengatur sanski terhadap pelanggar protokol kesehatan. “Sehingga kedisiplinan nasional kita dalam mengikuti protokol kesehatan betul-betul dikerjakan oleh masyarakat kita,” ujar dia.

Presiden juga meminta dilakukannya pembagian masker hingga ke tingkat desa, RW dan RT untuk membantu masyarakat mencegah penularan Covid-19. "Saya minta gubernur memainkan gas dan rem memainkan takaran dan data yang dimiliki," ujar presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement