Kamis 03 Sep 2020 13:19 WIB

Dinkes Pontianak Layani Tes Usap untuk Masyarakat

Tes usap Dinkes Pontianak bagi masyarakat yang kontak dengan penderita Covid-19.

Red: Ani Nursalikah
Dinkes Pontianak Layani Tes Usap untuk Masyarakat. Ilustrasi tes usap.
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Dinkes Pontianak Layani Tes Usap untuk Masyarakat. Ilustrasi tes usap.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Kalimantan Barat, melayani masyarakat untuk melakukan tes usap secara statis di Posko 119 di Kantor Dinkes Kota setempat. "Pelayanan tes usap statis itu kami buka setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB," kata Kadinkes Kota Pontianak, Sidiq Handanu, Kamis (3/9).

Dia menjelaskan, tes usap tersebut khusus masyarakat yang merasa punya riwayat kontak erat dengan penderita atau pasien Covid-19.

Baca Juga

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang merasa punya riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19 agar segera melakukan tes usap dan melakukan isolasi, baik secara mandiri maupun di rumah sakit," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sidiq Handanu kembali mengajak masyarakat di kota itu untuk melakukan tes usap dalam mencegah penyebaran dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Pontianak.

"Karena dengan melakukan tes usap, maka kita dapat mengetahui apakah kita terpapar atau tidak, kalaupun terpapar maka bisa dengan cepat dilakukan perawatan sehingga tidak menyebar ke orang lain," ujarnya.

Menurut dia, saat ini pihaknya memperbanyak uji atau tes usap, standarnya satu per seribu dikalikan jumlah penduduk per minggu. Dengan semakin banyak dilakukan tes usap, lanjutnya, maka akan diketahui positif rate, kemudian langkah isolasi dalam memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19 juga bisa lebih cepat. "Daripada sama sekali tidak diketahui peta penyebaran Covid-19," kata Sidiq.

Ia mengungkapkan jika dalam tes usap hasilnya positif, bukanlah menjadi sebuah aib. Hasil positif juga bukan merupakan jaminan tidak tertular kembali, karena pemeriksaan tes usap hanya untuk mengetahui situasi saat ini.

Data Dinkes Kota Pontianak, mencatat saat ini masih sebanyak 15 pasien Covid-19 yang menjalani isolasi, baik di rumah sakit maupun secara mandiri.

"Berdasarkan laporan terbaru hingga saat ini masih sebanyak 15 pasien Covid-19 yang menjalani isolasi, diantaranya empat pasien dirawat di Rumah Isolasi Rusunawa Pontianak, tiga di rumah sakit, dan sisanya isolasi mandiri," kata Sidiq.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement