Jumat 04 Sep 2020 17:12 WIB

LAZ Harapan Dhuafa Dukung Gerakan Bersepeda

kolaborasi ini harapannya mampu untuk menciptakan energi positif bagi gerakan sosial

Red: Hiru Muhammad
Maraknya aksi pesepeda akhir-akhir ini banyak memunculkan kembali gerakan bersepeda dalam rangka mengurangi polusi udara dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Gerakan ini dilakukan baik oleh komunitas maupun pemerintah daerah yang juga berencana membuka jalur khusus para pesepeda.
Foto: istimewa
Maraknya aksi pesepeda akhir-akhir ini banyak memunculkan kembali gerakan bersepeda dalam rangka mengurangi polusi udara dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Gerakan ini dilakukan baik oleh komunitas maupun pemerintah daerah yang juga berencana membuka jalur khusus para pesepeda.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG--Maraknya aksi pesepeda akhir-akhir ini banyak memunculkan kembali gerakan bersepeda dalam rangka mengurangi polusi udara dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Gerakan ini dilakukan baik oleh komunitas maupun pemerintah daerah yang juga berencana membuka jalur khusus para pesepeda.

Bukan hanya aksi bersepeda, akan tetapi juga melalui edukasi - edukasi untuk menjaga lingkungan dan juga adanya aksi berbagi sebagai bentuk kepeduliaan terhadap sesama.

Melihat kondisi tersebut, LAZ Harapan Dhuafa kolaborasi kebaikan dengan salah satu komunitas bersepeda di Kota Serang yaitu Serang Night Ride.  Tujuannya yaitu untuk bisa bersinergi menggalang dana untuk mereka yang terdampak covid-19.

Direktur Utama LAZ Harapan Dhuafa, Indah Prihanande mengungkapkan sangat mengapresiasi sekali dengan adanya kegiatan dari komunitas sepeda seperti SNR ini, juga edukasi-edukasi yang dilakukan. “Menjalankan hobi, bukan berarti tak bisa bermanfaat dan berbagi untuk sesama. Komunitas sepeda seperti SNR membuktikannya dengan berkolaborasi kebaikan bersama kami untuk bisa membantu mereka warga terdampak Covid-19”

Indah juga berharap gerakan kebaikan ini semakin meluas dan terus berlanjut, sehingga kebahagiaan menjadi milik semua orang. Kita saling membahagiakan satu sama lain, saling berkolaborasi untuk berbagi kebahagiaan.

Sedangkan Doni Phasa Rahardian selaku Penggiat Serang Night Rider (SNR) mengatakan, kolaborasi ini harapannya mampu untuk menciptakan energi positif untuk kegiatan-kegiatan sosial.  Merubah pola pikir masyarakat bahwa kita tidak sedang berdiri sendiri, kita perlu saling tolong menolong, perlu saling gotong royong, perlu saling terkoneksi, karena masih banyak saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan pertolongan dari kita. 

“Kami mengadakan gerakan bersepeda setiap jum’atnya di Kota Serang. Selain itu, kami juga bekerjasama dengan Pemerintah dan Dinas Perhubungan untuk membantu sosialisaikan simulasi jalur sepeda di Kota Serang, sesuai moto kami yaitu Jangan Arogan, Mari Berbagi Jalan.”

Visi dan misi komunitas pesepeda ini yaitu alih moda transportasi , kolaborasi lintas profesi, untuk lingkungan keberlanjutan yang membahagiakan. Tujuannya semakin banyak masyarakat yang bersepeda, sedikit demi sedikit mengajak kebaikan untuk kota yang ramah lingkungan di masa mendatang segera terealisasi.

“Kita adalah wadah, wadah tempat para komunitas, para goweser, para pelaku pekerja dengan sepeda, ke kampus dengan sepeda, ke sekolah dengan sepeda , kemana saja dengan sepeda, di sini kita berkumpul, sama sama memberikan solusi kepada masyarakat lainya bahwa sepeda bisa jadi salah satu transportasi ramah lingkungan terbaik di masa kini.” Ujar Doni

Keuntungan dari alih moda transportasi menjadi bersepeda yaitu dapat melakukan pindah tempat dari titik satu ketitik lainya dengan waktu yang cukup singkat dan cepat tanpa harus terlambat, membantu bersih udara kota, dan harapanya pesepeda tetep tertib berlalu lintas, bahkan kita selalu mengingatkan untuk gunakan tumbler guna mengurangi kemasan sekali pakai, agar terbiasa, yang nantinya jadi budaya yg baik untuk masyarakat dan lingkungan sekitar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement