Ahad 06 Sep 2020 04:55 WIB

Timnas U-19 Indonesia Takluk 0-3 Lawan Bulgaria

Indonesia bermain dengan strategi bertahan dan memanfaatkan serangan balik.

Red: Teguh Firmansyah
Timnas U19 (ilustrasi).
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Timnas U19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Tim nasional U-19 Indonesia takluk dengan skor 0-3 dari Bulgaria dalam laga Turnamen Persahabatan U-19 Internasional di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, Sabtu malam WIB. Dipantau dari saluran resmi pertandingan di Jakarta, Sabtu, gol Bulgaria dicetak oleh Martin Petkov (78', 84') dan Stanislav Shopov (83').

Dalam laga tersebut, manajer pelatih timnas Shin Tae-yong menerapkan formasi 4-4-2. Di lini depan, Shin menduetkan Saddam Gaffar dan Irfan Jauhari. Sementara di sisi sayap ada Andi Irfan dan Witan Sulaeman, sementara Komang Teguh serta David Maulana menjadi penopang sektor tengah.

Pertahanan Indonesia diisi oleh Bayu M. Fiqri, Komang Tri Arta Wiguna, kapten Rizky Ridho Ramadhani dan Mochamad Yudha Febrian. Gawang skuat Garuda dikawal Muhammad Adi Satryo.

Dengan komposisi seperti itu, Indonesia bermain dengan strategi bertahan sambil menunggu peluang untuk melakukan serangan balik.

Bulgaria pun praktis menguasai pertandingan sejak menit pertama. Akan tetapi, pertahanan disiplin Indonesia membuat mereka kesulitan mencetak gol sampai akhirnya skor pertama datang di menit ke-78.

Martin Petkov yang berada di kotak penalti Indonesia berhasil melesakkan bola ke dalam gawang melalui sundulan memanfaatkan tendangan bebas.

Pada menit ke-83, Bulgaria menggandakan kedudukan setelah bola sepakan Stanislav Shopov masuk ke gawang Adi Satryo. Hanya berselang satu menit, skor menjadi 3-0 berkat gol kedua Petkov.

Indonesia yang memasukkan pemain-pemain seperti Mochammad Supriadi dan Pratama Rifai di babak kedua tidak bisa membuat satu gol hingga laga usai. Pertandingan pun ditutup dengan skor 3-0 untuk kemenangan Bulgaria.

Bagi Bulgaria, itu menjadi kemenangan perdana mereka di turnamen tersebut. Sebelumnya, anak-anak asuh Angel Stoykov kalah 2-3 dari Kroasia.

Sementara pada pertandingan lain pada Sabtu (5/9), Kroasia memetik kemenangan keduanya di turnamen setelah menundukkan Arab Saudi dengan skor 4-3. Berikutnya, Indonesia akan menghadapi Kroasia pada Selasa (8/9). Di laga terakhir, Jumat (11/9), David Maulana dan kawan-kawan akan berduel dengan Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement