Senin 07 Sep 2020 07:27 WIB

Amalan yang Lebih Besar Nilainya dari Harta-Harta Dunia

Terdapat amalan yang nilainya lebih besar dari harta-harta dunia.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat amalan yang nilainya lebih besar dari harta-harta dunia.  Ilustrasi Membaca Alquran
Foto: dok. Republika
Terdapat amalan yang nilainya lebih besar dari harta-harta dunia. Ilustrasi Membaca Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Membaca Alquran merupakan ibadah yang mempunyai banyak keutamaan bagi seorang hamba. Salah satunya yakni merupakan pencapaian anugerah yang lebih baik daripada harta dunia.

Dikutip dari buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi'i karya Abu Ya'la Kurnaedi, Uqbah bin Amir RA berkata: 

Baca Juga

- خَرَجَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ وَنَحْنُ في الصُّفَّةِ، فَقالَ: أَيُّكُمْ يُحِبُّ أَنْ يَغْدُوَ كُلَّ يَومٍ إلى بُطْحَانَ، أَوْ إلى العَقِيقِ، فَيَأْتِيَ منه بنَاقَتَيْنِ كَوْمَاوَيْنِ في غيرِ إثْمٍ، وَلَا قَطْعِ رَحِمٍ؟ فَقُلْنَا: يا رَسولَ اللهِ، نُحِبُّ ذلكَ، قالَ: أَفلا يَغْدُو أَحَدُكُمْ إلى المَسْجِدِ فَيَعْلَمُ، أَوْ يَقْرَأُ آيَتَيْنِ مِن كِتَابِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ، خَيْرٌ له مِن نَاقَتَيْنِ، وَثَلَاثٌ خَيْرٌ له مِن ثَلَاثٍ، وَأَرْبَعٌ خَيْرٌ له مِن أَرْبَعٍ، وَمِنْ أَعْدَادِهِنَّ مِنَ الإبِلِ.

"Rasulullah SAW keluar dan kami berada di Shuffah saat itu, lalu beliau bersabda: 'Siapa di antara kalian yang suka setiap hari pergi ke lembah Buth-han atau lembah Aqiq kemudian pulang membawa dua unta yang gemuk tanpa berbuat dosa dan tanpa memutuskan hubungan silaturahim?' Kami menjawab: 'Wahai Rasulullah, kami menginginkan hal tersebut'.

Beliau bersabda: 'Tidakkah salah satu di antara kalian pergi ke masjid kemudian mempelajari atau membaca dua ayat dari Kitabullah sebab hal itu lebih baik baginya daripada mendapatkan dua unta, tiga ayat lebih baik daripada tiga unta, empat ayat lebih baik daripada empat unta, dan dari sekian jumlah ayat maka itu lebih baik daripada sekian jumlah unta." (HR Muslim dan Ibnu Hibban). 

Rasulullah SAW memberikan komparasi pahala membaca Alquran dengan unta. Mengapa? Karena pada masa itu, unta merupakan salah satu indikator kekayaan masyarakat Arab. Tentu jika dikontekskan pada masa kini, harta-harta tersebut adalah harta-harta dunia yang melimpah. 

Adapun Alquran merupakan Kalamullah, yang memiliki sifat-sifat yang agung. Maka seorang hamba yang ingin mendapatkan anugerah besar dari-Nya sudah seharusnya menghabiskan umurnya dengan membaca, mempelajari serta mengamalkan kandungannya.           

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement