Senin 14 Sep 2020 09:01 WIB

Catatan Singkat Perjalanan Karier Dominic Thiem

Juara US Open, Dominic Thiem mendobrak tiga besar penguasa grand slam.

Red: Endro Yuwanto
Dominic Thiem
Foto: EPA-EFE/JASON SZENES
Dominic Thiem

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petenis Austria, Dominic Thiem, mendobrak tiga besar penguasa grand slam (Roger Federer, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic) setelah merebut gelar grand slam pertamanya usai melakukan come-back mencengangkan atas petenis Jerman, Alexander Zverev, dalam final tunggal putra US Open 2020, Senin (14/9) WIB.

Berikut fakta singkat Dominic Thiem yang mengalahkan Alexander Zverev 2-6, 4-6, 6-4, 6-3, dan 7-6(6).

Baca Juga

Lahir: 13 September 1993 di Wiener Neustadt, Austria (usia 27 tahun)

Juara Grand Slam: 1 (US Open 2020)

Biodata

* Lahir dari pasangan Wolfgang dan Karin Thiem yang keduanya pelatih tenis dan mulai bermain tenis sejak usia enam tahun.

* Melakukan debut ATP Tour pada 2011 di Kitzbuehel sebagai petenis wildcard, namun dikalahkan Daniel Gimeno-Traver pada babak pertama.

* Memenangkan pertandingan undian utama pertamanya pada tahun yang sama melawan rekan senegaranya Thomas Muster di Wina.

Karier

* Finis 15 Besar untuk pertama kali dalam kariernya pada 2013 setelah mencapai perempat final di Kitzbuhel dan Wina.

* Melakukan debut Grand Slam Australia Open 2014 dengan mengalahkan Joao Sousa sebeluma ditaklukkan Kevin Anderson pada babak kedua.

* Mencapai final ATP Tour pertamanya pada tahun yang sama di Kitzbuehel namun kalah melawan David Goffin dan mengakhiri tahun itu dengan masuk 50 Besar.

* Menjuarai ATP Tour pertamanya di Nice setahun berikutnya dan diikuti dengan juara di Umag dan Gstaad untuk tuntas dalam predikat petenis paling muda yang masuk 20 Besar.

* Masuk 10 Besar pada 2016 setelah menjadi juara di Buenos Aires, Acapulco, Nice dan Stuttgart, serta loloa ke ATP Finals untuk pertama kali dalam kariernya.

* Lolos ke final grand slam pertamanya di Roland Garros pada 2018, namun dikalahkan Rafael Nadal.

* Menjuarai Masters 1000 pertamanya pada tahun berikutnya di Indian Wells setelah mengalahkan Roger Federer dalam final. Mengakhiri musim itu dengan lima gelar juara yang sama dengan Novak Djokovic.

* Dikalahkan oleh Nadal pada final French Open 2019 dan oleh Djokovic pada final Australia Open 2020.

* Memenangkan gelar grand slam pertamanya dalam US Open setelah mengalahkan Zverev dalam laga final.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement