Selasa 15 Sep 2020 21:45 WIB

Kepala Dinkes Kalimantan Timur Positif Covid-19

Kadinkes memberlakukan work from home kepada para pegawai Dinkes Kaltim.

Red: Yudha Manggala P Putra
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur dikabarkan positif terkonfirmasi Covid-19. Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Diskes Kaltim dr Setyo Budi Basuki membenarkan berita tersebut.

"Memang benar, saat ini menjalani isolasi mandiri," katanya di Samarinda, Selasa (15/9).

Diketahui Kadinkes Provinsi Kaltim tersebut berinisial dr PMR dan baru menjabat sebagai Kepala Dinas pada 11 Agustus 2020 kemarin. dr Basuki menjelaskan bahwa awalnya Kadinkes mereka mengalami keluhan yang mengarah pada gejala Covid-19.

"Dari keluhan tersebut dilakukan swab tes dan ternyata hasilnya positif," imbuhnya.

Untuk memutus mata rantai penyebaran virus, pihaknya telah melakukan tracking sejumlah orang yang mempunyai kontak erat dengan Kadinkes, termasuk memberlakukan work from home atau bekerja dari rumah kepada para pegawai Dinkes Kaltim terhitung mulai besok, Rabu 16/9.

"Hasilnya ada tujuh orang yang melakukan kontak erat, dan segera dilakukan swab test," jelasnya.

Sementara itu Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak menambahkan penyebaran Covid-19 tidak pernah memandang status sosial.

"Siapa saja bisa terjangkit, oleh karena itu tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan membiasakan mencuci tangan, ingat penyebaran virus masih sangat tinggi dan masyarakat harus tetap waspada," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement