Kamis 17 Sep 2020 03:30 WIB

Luhut Optimistis Cetak 3 Juta UMKM Hingga Akhir 2020

Saat ini sudah lebih dari 2 juta UMKM baru yang mulai beroperasi.

Red: Nidia Zuraya
Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku optimistis mampu mencetak 3 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga akhir 2020. Jumlah tersebut melebihi target yang dipatok pemerintah yakni 2 juta UMKM.

“Sejak 14 Mei 2020 sudah tercapai 1,9 juta lebih UMKM. Saat ini sudah pasti lebih dari 2 juta yang on boarding. Dengan begitu 3 juta bisa tercapai pada akhir tahun ini, artinya kita bisa mencapai 150 persen dari target awal,” kata Luhut Pandjaitan saat menghadiri kampanye #pernakpernikunik yang disiarkan virtual di Jakarta, Rabu (16/9).

Baca Juga

Luhut Pandjaitan menyampaikan capaian tersebut merupakan kerja sama lintas instansi, termasuk ekosistem digital yang saat ini berperan penting.

Luhut memaparkan Indonesia berada di urutan ketiga dunia sebagai negara dengan kontribusi ekonomi kreatif terbesar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasionalnya. Dengan total kontribusi 7,28 persen terhadap PDB, setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan.

“Dan ini saya pikir perlu masih kita tingkatkan lagi ke depan, karena UMKM kita itu jumlahnya lebih dari 61 juta kelompok. Dari 17 sektor ekonomi kreatif penyumbang PDB nasional, sub-sektor kriya merupakan penyumbang ketiga terbesar pada PDB nasional,” ujar Luhut Pandjaitan.

Luhut menambahkan tangan-tangan terampil menghasilkan produk pernak-pernik yang berkualitas tinggi akan semakin tinggi jika disandingkan dengan riset dan teknologi. Produk kriya yang lahir dari tangan anak bangsa, lanjutnya, harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Produk kriya tersebut harus terletak secara strategis di berbagai etalase pusat perbelanjaan. Dengan demikian, konsumen bisa melihat langsung dan membeli produk dalam negeri,” papar Luhut Pandjaitan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement