Selasa 22 Sep 2020 14:18 WIB

Pemkot Bandung akan Audit Kontruksi Skywalk yang Mangkrak

Setelah audit, pembangunan Skywalk akan dilanjutkan kembali hingga selesai.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih
Pembangunan infrastruktur (ilustrasi)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Pembangunan infrastruktur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan audit kontruksi terhadap pembangunan jembatan Skywalk tahap II di Jalan Cihampelas Kota Bandung yang mangkrak akibat pandemi covid-19. Pasca audit, pembangunan tersebut akan dilanjutkan kembali hingga selesai.

"Skywalk yang mangkrak lama dibutuhkan audit kontruksi. Ke depan insyallah itu menjadi program Kota Bandung kita akan lanjutkan," ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Selasa (22/9).

Baca Juga

Menurutnya, tahun 2020 pihaknya sudah menyiapkan anggaran pembangunan jembatan Skywalk. Namun, pandemi covid-19 berdampak kepada anggaran tersebut yang diarahkan untuk penanganan covid-19.

Ia melanjutkan, sejumlah proyek pembangunan strategis pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tertunda akibat  pandemi covid-19. Salah satunya masalah kemacetan. Katanya, kemacetan memerlukan solusi yang tidak sederhana dan krusial.

Menurutnya, salah satu upaya mengurai kemacetan yaitu adalah membangun Flyover. Menurutnya, banyaknya traffic light membuat potensi kemacetan menjadi banyak oleh karena itu flyover menjadi solusi mengatasi kemacetan di Kota Bandung.

"Insyallah akan mengupayakan kemacetan, salah satunya membangun flyover sebanyak mungkin mengurai kemacetan. Kemacetan terjadi karena terlalu banyak lampu merah, kalau dibikin flyover akan membuat kemacetan terurai," katanya.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan pembangunan Skywalk tahap dua akan dilanjutkan. Namun, terlebih dahulu akan dilakukan audit kontruksi karena pekerjaan pembangunan yang sudah berlangsung lama.

Menurutnya, jika tingkat keamanan pada audit kontruksi bagus maka pembangunan dilanjutkan. Ia menambahkan, pihaknya pun mendorong agar kemacetan di Bandung dapat terurai dengan sistem transportasi umum.

Yana menambahkan, program strategis Pemkot Bandung yaitu menuntaskan permasalahan kemacetan, banjir dan sampah. Menurutnya, meski keterbatasan APBD namun dapat terselesaikan karena kolaborasi dengan masyarakat.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَوْ شِئْنَا لَرَفَعْنٰهُ بِهَا وَلٰكِنَّهٗٓ اَخْلَدَ اِلَى الْاَرْضِ وَاتَّبَعَ هَوٰىهُۚ فَمَثَلُهٗ كَمَثَلِ الْكَلْبِۚ اِنْ تَحْمِلْ عَلَيْهِ يَلْهَثْ اَوْ تَتْرُكْهُ يَلْهَثْۗ ذٰلِكَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِيْنَ كَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَاۚ فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُوْنَ
Dan sekiranya Kami menghendaki niscaya Kami tinggikan (derajat)nya dengan (ayat-ayat) itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan mengikuti keinginannya (yang rendah), maka perumpamaannya seperti anjing, jika kamu menghalaunya dijulurkan lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia menjulurkan lidahnya (juga). Demikianlah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Maka ceritakanlah kisah-kisah itu agar mereka berpikir.

(QS. Al-A'raf ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement