Rabu 23 Sep 2020 17:02 WIB

Kota Cimahi Dilanda Hujan Butiran Es

Butiran es yang turun saat hujan deras itu ada yang berukuran sebesar kelereng.

Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi Hujan Es
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Hujan Es

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wilayah Kota Cimahi, Jawa Barat, Rabu (23/9) siang sekitar pukul 14.40 WIB, dilanda fenomena hujan deras disertai butiran es. Angin kencang juga berhembus yang berlangsung hingga pukul 15.00 WIB.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Bandung Tony Agus Wijaya saat dihubungi di Bandung, menjelaskan fenomena itu lumrah terjadi saat cuaca ekstrem melanda sebuah wilayah.

Baca Juga

Saat ini, kata dia, wilayah Bandung Raya memang sedang memasuki pancaroba. "Terbentuknya awan Cumulonimbus atau awan gelap berlapis yang menyebabkan terjadi cuaca ekstrem, contohnya seperti hujan lebat dan hujan es," katanya.

Lalu, kata dia, butiran es itu terbentuk karena sebagian awan hujan melebihi batas ketinggian lapisan beku di udara setinggi lima kilometer. Untuk itu, ia mengingatkan masyarakat agar waspada saat memasuki musim pancaroba ini yang berpotensi memunculkan peristiwa hujan deras disertai butiran es. "Kami imbau warga berhati-hati saat melintas ketika hujan deras dan hujan es terjadi," kata Tony.

Butiran es yang turun saat hujan deras di Kota Cimahi itu ada yang berukuran sebesar bola kelereng dan lebih kecil. Masyarakat yang sedang berkendara di jalan raya ada yang segera berteduh dan ada pula yang mengabadikan fenomena itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement