Kamis 24 Sep 2020 20:42 WIB

Personel TNI Awasi Protokol Diminta Jaga Kesehatan

Personel TNI awasi protokol harus lebih dulu terapkan protokol kesehatan.

Red: Ratna Puspita
[Ilustrasi] Personel gabungan TNI, Polri dan Organisasi Masyarakat mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19 selama pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta.
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
[Ilustrasi] Personel gabungan TNI, Polri dan Organisasi Masyarakat mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19 selama pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Staf Ahli Pangdam Jaya Bidang Lipentek Kolonel Inf Asep Djunaidi mengingatkan jajaran TNI untuk selalu menjaga kesehatan selama bertugas sebagai pengawas protokol Covid-19. "Kepada personel di lapangan saya tekankan agar selalu bertugas dengan penuh rasa tanggung jawab, tetap semangat dan selalu jaga kesehatan," kata Kolonel Inf Asep Djunaidi, Staf Ahli Pangdam Jaya Bidang Lipentek saat meninjau pendisiplinan protokol kesehatan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (24/9).

Kedatangan Staf Ahli Pangdam Jaya Bidang Lipentek Kolonel Inf Asep Djunaidi ke Pasar Kebayoran Lama didampingi Dandim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Inf Ucu Yustiana. Dalam kunjungan tersebut, selain memantau pendisiplinan protokol kesehatan juga dilakukan pembagian masker kepada pedagang dan pengunjung.

Baca Juga

Asep juga mengingatkan agar personel TNI yang terlibat dalam pengawasan protokol kesehatan juga harus menerapkan protokol kesehatan bagi diri sendiri terlebih dahulu. "Saya datang ke sini untuk melaksanakan pengawasan dan pengecekan personil yang terlibat penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan, saya harapkan sebelum mendisiplinkan warga masyarakat terlebih dahulu kita sebagai pengawas harus patuh dan menjalankan protokol kesehatan pada diri kita," kata Kolonel Asep selaku Perwira pengawas Penegakan Disiplin Mematuhi Protokol Kesehatan (PDMPK)

Dandim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Inf Ucu Yustiana mengatakan peran TNI selama penegakan disiplin protokol kesehatan adalah membantu Satpol PP Jakarta selatan dan jajaran Polri melakukan penindakan hukum. Ia menyebutkan, dalam PDMPK, Kodim 0504/Jakarta Selatan melibatkan ratusan personil.

Ia merincikan, personel yang terlibat berjumlah 566 orang, terdiri atas 260 personil organik Kodim 0504/Jakarta Selatan ditambah 306 Pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) Dandim 0504/Jakarta Selatan. "Pasukan tersebut melaksanakan pengawasan di pasar-pasar, perkantoran, stasiun MRT dan KRL, serta pemukiman padat penduduk," ujar Kolonel Ucu.

Ucu menambahkan, saat ini pihaknya bersama Pemerintah Kota Jakarta Selatan fokus melaksanakan pengawasan dititik-titik kerumunan yang biasa dijadikan anak-anak muda berkumpul. Selain itu, tambah Ucu, Kodim 0504/Jakarta Selatan juga sudah mengaktifkan organisasi masyarakat (ormas) di bawah binaan Kodim 0504/Jakarta Selatan untuk membantu mensosialisasikan kampanye4M.

"Kita berdayakan ormas-ormas binaan Kodim untuk kampanye 4M, yakni memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan dan menjauhi kerumunan," kata Kolonel Ucu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement