Selasa 29 Sep 2020 06:28 WIB

Sensasi Baca Buku di Wisata Mangrove Sekar Bahari

Obyek wisata Mangrove Sekar Bahari menyediakan buku bacaan bagi wisatawan.

Red: Didi Purwadi
Ilustrasi. Obyek wisata hutan mangrove Sekar Bahari hadirkan wisataan bacaan bagi para pengunjung.
Foto: Antara/Budi Candra Setya
Ilustrasi. Obyek wisata hutan mangrove Sekar Bahari hadirkan wisataan bacaan bagi para pengunjung.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG TIMUR -- Objek wisata mangrove Sekar Bahari di Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur menyediakan buku bacaan bagi masyarakat desa setempat dan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata desa ini. Bagi anda yang suka berwisata ke tempat wisata desa dan hobi membaca, cobalah mengunjungi wisata mangrove Sekar Bahari di Desa Margasari ini.

Tapi hanya pada hari Minggu buku bacaan di objek wisata mangrove Sekar Bahari bisa dijumpai. Waktunya mulai pukul 14.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Syamsyiah, salah seorang penanggungjawab kegiatan literasi di manggrove Sekar Bahari, Lampung Timur, Senin, menjelaskan adalah Komunitas Lampung Ngopi, anggotanya terdiri dari sejumlah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung menggagas adanya lapak baca di wisata mangrove Sekar Bahari.

Saat berkunjung selama 15 hari di Desa Margasari, Komunitas Lampung Ngopi menggagas program literasi tersebut. "Ide kegiatannya dari teman-teman mahasiswa dari UIN Lampung," ujarnya.

Syamsyiah menyebutkan, kegiatan tersebut sudah berjalan tiga minggu ini sejak ditinggal kembali oleh Komunitas Lampung Ngopi. Sekarang lapak buku bacaan ini dikelola oleh para pemuda Karang Taruna Desa Margasari.

Menurut Syamsiah, adanya lapak buku bacaan itu dalam rangka mencerdaskan masyarakat, terutama generasi anak-anak demi memperbaiki kualitas sumberdaya manusia khususnya lingkungan Desa Margasari. Program tersebut bertujuan agar masyarakat melek literasi, karena pendidikan menjadi salah satu alat memperbaiki kualitas SDM di suatu daerah.

Dia menyatakan, terima kasih kepada Pemerintah Desa Margasari atas dukungan kegiatan tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement