Jumat 09 Oct 2020 09:51 WIB

Aksi Ricuh Penolakan UU Cipta Kerja Tekan Pergerakan IHSG

Pergerakan IHSG juga dipengaruhi perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Indeks saham sempat dibuka di zona merah di sesi awal sebelum kembali menanjak ke zona positif dan menguat ke level 5.057,83.
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Indeks saham sempat dibuka di zona merah di sesi awal sebelum kembali menanjak ke zona positif dan menguat ke level 5.057,83.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak variasi pada perdagangan hari ini, Jumat (9/10). Indeks saham sempat dibuka di zona merah di sesi awal sebelum kembali menanjak ke zona positif dan menguat ke level 5.057,83. 

Kepala riset Samuel Sekuritas Indonesia, Suria Dharma, melihat aksi penolakan UU Cipta Kerja yang berujuh ricuh berpotensi menekan pasar. "Kami melihat unjuk rasa massal di beberapa daerah untuk menolak UU Cipta Kerja dapat menjadi sentimen negatif pada akhir pekan ini," kata Suria, Jumat (9/10).

Suria menambahkan, pergerakan pasar saham domestik juga mendapat pengaruh dari perkembangan kasus Covid-19 di dalam negeri. Penambahan kasus di Indonesia pada Rabu kemarin yang sebanyak 4.850 kasus, kembali berada di level tertinggi sejak pandemi. 

Dari global, pasar saham AS ditutup menguat dengan indeks Dow Jones naik 0,43 persen, S&P 500 naik 0,80 persen serta Nasdaq naik 0,50 persen. Sementara yield 10Y Treasury AS berada dalam tren kenaikan yang saat ini berada di level 0,787 persen.

Rilis data nitial Jobless Claims AS periode 3 Oktober tercatat turun tipis ke angka 840 ribu dari sebelumnya sebanyak 849 ribu. Tren perbaikan data initial jobless claims sejak memasuki Agustus masih dalam tren melandai di level saat ini. Data ini memberi sinyal tren yang sama pada penyerapan tenaga kerja.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ اِنَّ اللّٰهَ اشْتَرٰى مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ اَنْفُسَهُمْ وَاَمْوَالَهُمْ بِاَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَۗ يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَيَقْتُلُوْنَ وَيُقْتَلُوْنَ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا فِى التَّوْرٰىةِ وَالْاِنْجِيْلِ وَالْقُرْاٰنِۗ وَمَنْ اَوْفٰى بِعَهْدِهٖ مِنَ اللّٰهِ فَاسْتَبْشِرُوْا بِبَيْعِكُمُ الَّذِيْ بَايَعْتُمْ بِهٖۗ وَذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ
Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mukmin, baik diri mau-pun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah; sehingga mereka membunuh atau terbunuh, (sebagai) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil, dan Al-Qur'an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya selain Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan demikian itulah kemenangan yang agung.

(QS. At-Taubah ayat 111)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement