Jumat 09 Oct 2020 15:38 WIB

Trik Berkendara Aman Saat Hujan

Kondisi lampu mobil harus dipastikan baik saat cuaca hujan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Tips berkendara. Ilustrasi
Foto: MGROL100/Republika
Tips berkendara. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Saat ini hujan mulai turun di sejumlah wilayah di Indonesia. Bagi pengendara mobil, kondisi hujan merupakan kondisi yang perlu diwaspadai agar dapat tetap sampai tujuan dengan aman.

Wuling pun berbagi trik aman berkendara saat menghadapi hujan. Dilansir dari laman resmi Wuling Indonesia pada Jumat (9/10), salah satu hal yang ditekankan oleh pabrikan asal China itu adalah soal kondisi lampu mobil.

Baca Juga

Mengingat, saat hujan turun, hal itu akan mempengaruhi visibilitas pengemudi dan pengguna jalan lainya. Dalam kondisi tersebut, maka lampu mobil merupakan salah satu sarana vital yang mampu meningkatkan visibilitas kendaraan.

Pengedara sangat disarankan untuk selalu memastikan kondisi lampu kendaraan baik itu headlight, taillight dan lampu sein. Lewat bantuan seluruh lampu tersebut, maka pengemudi dapat lebih jelas meihat kondisi jalan dan penggguna jalan lain juga kian terbantu untuk mengetahui posisi kendaraan kita.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah soal kondisi kaca. Baik itu kaca depan, samping, belakang dan kaca spion. Sangat disarankan, seluruh kaca itu dalam kondisi bersih sehingga tak menggangu pandangan pengemudi.

Pasalnya, jika kaca tersebut terdapat kotoran, maka hal itu akan mengurangi visibilitas secara signifikan saat hujan. Soal kaca depan dan belakang, pengemudi juga sangat dianjurkan untuk selalu memeriksa kondisi wiper baik dari sisi fungsi maupun soal kondisi karet wiper. Sehingga, saat hujan turun, wiper tersebut dapat bekerja secara optimal dalam meningkatkan visibilitas pengendara.

Selanjutnya, saat beriringan dengan kendaraan lain, pengemudi sangat disarankan untuk selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan di depanya. Dengan cara ini, maka pengemudi masih memiliki jarak yang cukup untuk melakukan pengereman jika tiba-tiba kendaraan di depan melakukan pengereman mendadak.

Hal ini dinilai cukup penting karena derasnya hujan kerap mengurangi visibilitas sehingga terkadang pengendara terlambat merespon kondisi lalu lintas. Hal ini pun sekaligus memberikan waktu bagi sistem pengereman untuk menghentikan laju kendaraan secara optimal dalam kondisi jalanan yang licin.

Lewat trik ini, Wuling juga sangat menyarankan agar pengemudi tak terlalu memaksakan untuk berkendara saat hujan turun dengan intensitas yang sangat tinggi. Jika hujan deras membuat jarak pandang hanya sekitar satu meter, maka ada baiknya pengemudi memilih untuk mengalah dan menepi di tempat yang aman sembari menunggu saat jarak pandang mulai meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement