Selasa 13 Oct 2020 08:30 WIB

PUPR: Tol Cimanggis-Cibitung Lengkapi Jaringan JORR

Tol Coimanggis-Cibitung memiliki total panjang 26.18 km bagian dari tol JORR 2

Red: Hiru Muhammad
Sejumlah pekerja menyelesaikan proyek konstruksi jalan Tol Cimanggis-Cibitung seksi II di kawasan MM 2100, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (4/9/2020). Progres pembangunan jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II Cimanggis-Cibitung seksi I A sepanjang 3,5 km telah mencapai 98 persen dan seksi II sepanjang 22,8 km telah mencapai 72  persen dan ditargetkan rampung pada tahun 2021.
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Sejumlah pekerja menyelesaikan proyek konstruksi jalan Tol Cimanggis-Cibitung seksi II di kawasan MM 2100, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (4/9/2020). Progres pembangunan jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II Cimanggis-Cibitung seksi I A sepanjang 3,5 km telah mencapai 98 persen dan seksi II sepanjang 22,8 km telah mencapai 72 persen dan ditargetkan rampung pada tahun 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menjelaskan Jalan Tol Cimanggis - Cibitung itu melengkapi jaringan jalan lingkar luar Jakarta atau "Jakarta Outer Ring Road" (JORR).

"Pembangunan Jalan Tol Cimanggis - Cibitung sepanjang 26,18 Km untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (JORR) I yang sudah operasional dan JORR-2 yang tengah dalam proses konstruksi," menurut Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (13/10).

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung dikelola PT Cimanggis Cibitung Tollways secara keseluruhan memiliki total panjang 26,18 Km dan merupakan bagian dari salah satu akses tol JORR 2. Jalan Tol ini terdiri dari dua seksi, yaitu Seksi 1a ruas Junction Cimanggis - On/Off Ramp Jatikarya / Transyogi sepanjang 3,17 Km.

Seksi 1a ini pembangunannya telah mencapai 99 persen dan telah dilakukan perbaikan- perbaikan setelah dilakukan uji coba Uji Laik Fungsi (ULF) yang dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

Sedangkan untuk Seksi 2 ruas On/Off Ramp Jatikarya - Junction Cibitung sepanjang 3,01 Km yang saat ini konstruksinya telah mencapai 73,2 persen ditargetkan konstruksinya selesai pada Maret 2021 mendatang.

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung merupakan salah satu akses yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Setelah pembangunan enam ruas jalan tol yang terintegrasi di dalam akses Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 rampung, harapannya dapat menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan di jalan tol JORR 1 yang sudah terbangun. Kehadiran Jalan Tol Cimanggis - Cibitung memberikan peran penting dalam mendukung jalur logistik menuju ke kawasan industri.

Dukungan jalan Tol ini adalah untuk memperlancar lalu lintas/ memangkas waktu perjalanan, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada aglomerasi megapolitan Jakarta. Ruas jalan tol Cimanggis – Cibitung dibangun dua arah dan masing-masing arah terdiri dari tiga lajur dengan menggunakan jenis perkerasan beton (rigid pavement).

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung merupakan bagian dari enam ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II), yang terdiri dari Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran sepanjang 14,2 Km, Jalan Tol Kunciran - Serpong sepanjang 11,4 Km, Jalan Tol Serpong - Cinere sepanjang 10,1 Km.

Kemudian dilanjutkan Jalan Tol Cinere - Jagorawi sepanjang 14,6 Km), Jalan Tol Cimanggis - Cibitung sepanjang 25,2 Km, dan Jalan Tol Cibitung - Cilincing sepanjang 34 Km.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement