Selasa 13 Oct 2020 19:28 WIB

Kirim Barang Via Rail Expres Kini Bisa Sampai ke Rumah

Sementara pengiriman dapat dilayani di seluruh wilayah rel kereta api di Jawa.

Rep: Lilis Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi kereta api
Foto: ANTARA FOTO
Ilustrasi kereta api

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan PT Blue Bird Tbk memberikan layanan Last Mile atau transportasi lanjutan untuk pelanggan Rail Expres. Dengan demikian, pengiriman  barang melalui Rail Expres kini bisa sampai alamat akhir penerima barang.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, menjelaskan, pelanggan saat mengantarkan barang ke Loket Rail Express stasiun keberangkatan, akan mendapatkan pilihan layanan pengantaran barang dari stasiun tujuan langsung ke alamat akhir pengiriman dengan armada Bluebird.

Baca Juga

‘’Hal ini memudahkan, karena penerima barang tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk mengambil barang. Cukup tunggu di rumah, dan barang akan diantarkan oleh armada Bluebird,’’ ujar Luqman, Selasa (13/10).

Pada tahap awal, layanan logistik dari KAI dan Bluebird melayani pengiriman dari Cirebon menuju ke empat wilayah. Yaitu, Jakarta (Stasiun Jakarta Gudang dan Stasiun Pasar Senen), Bandung (Stasiun Bandung), Semarang (Stasiun Semarang Tawang) dan Surabaya (Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Surabaya Kota.

Di wilayah Daop 3 Cirebon, layanan Rail Expres saat ini tersedia di tiga stasiun. Yaitu, Stasiun  Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang.

‘’Pada bulan November, diprogramkan akan ada dua stasiun lagi di Daop 3 yang akan melayani layanan Rail Exspres, yaitu Stasiun Haurgeulis dan Stasiun Brebes,’’ kata Luqman.

Untuk tarif, Rail Express menetapkan harga per satuan kilogram dan per tujuan. Tarifnya dipastikan yang termurah dibanding tarif ekspedisi lain, dengan  waktu pengiriman relatif lebih cepat dan aman. Sementara pengiriman barangnya, dapat dilayani di seluruh wilayah rel kereta api di Pulau Jawa.

‘’Layanan Rail Express mencakup hampir semua jenis barang retail, di antaranya paket, dokumen, motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan lainnya,’’ kata Luqman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement