Kamis 15 Oct 2020 19:14 WIB

Yang Tersisa dari Muslim dan Wasiat Terakhir Rasulullah     

Rasulullah SAW memberikan wasiat terarkhir yaitu sholat

Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW memberikan wasiat terarkhir yaitu sholat Jamaah menunaikan sholat di Masjid Al Akbar, komplek Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulonprogo, Yogyakarta.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Rasulullah SAW memberikan wasiat terarkhir yaitu sholat Jamaah menunaikan sholat di Masjid Al Akbar, komplek Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulonprogo, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, Sholat merupakan rukun Islam yang paling utama setelah dua kalimat syahadat. Sholat adalah tiang yang membentuk bangunan Islam bersama dengan rukun Islam lainnya. Jika satu pilarnya roboh maka bangunan tersebut juga akan turut hancur. 

“Allah mencela orang yang melalaikan dan bermalas-malas dalam melaksanakan sholat,” kata Ustaz Abdul Muhith, sebagaimana dikutip dari Harian Republika.

Baca Juga

Disampaikan Abdul Muhith, Allah SWT berfirman dalam surat Maryam ayat 59: فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ ۖ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan sholat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kebinasaan (di neraka).” Dalam ayat yang lain di surat al-Maun ayat 4-5 disebutkan: فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ  الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ “Celakalah orang-orang yang sholat, yaitu orang-orang yang lalai dalam sholatnya.” 

Muhith menjelaskan, dan Allah memuji orang yang mengerjakan sholat (dengan khusyuk), bahkan Allah membanggakan orang yang menunaikan serta memerintahkan keluarganya agar juga melaksanakannya.   

Lebih lanjut, Ustadz Muhith menjelaskan sholat juga menjadi wasiat terakhir Nabi Muhammad SAW. Dia menukilkan hadits Ummu Salamah mengatakan salah satu wasiat Nabi Rasulullah SAW sebelum wafat adalah menjaga sholat. Perkataan tersebut diulang Rasulullah SAW sebanyak dua kali.  

عن أم سلمة ـ رضي الله عنها ـ قالت: كانت عامة وصية رسول الله صلى الله عليه وسلم الصلاة الصلاة

Sholat juga perintah Allah yang sangat istimewa karena langsung diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW tanpa perantara Malaikat Jibril. Dalam peristiwa Mi'raj tersebut awalnya Allah SWT memerintahkan umat Muhammad SAW untuk mengerjakan sholat 50 kali sehari. “Ini artinya Allah sendiri sangat menyukai ibadah sholat.” 

Ustaz Muhith melanjutkan, sholat adalah ibadah yang bisa dikerjakan dalam segala situasi, baik safar maupun tidak, baik dalam situasi aman maupun perang.

Sholat adalah perkara terakhir yang hilang dari manusia. Jika sholat telah hilang maka hilang pula agama secara keseluruhan. 

عن أبي أمامة الباهلي رضي الله عنه عن النبي ﷺ أنه قال: لتنقضن عرى الإسلام عروة عروة، فكلما انتقضت عروة تشبث الناس بالتي تليها، وأولهن نقضا الحكم، وآخرهن الصلاة

Rasulullah SAW bersabda, “Tali ikatan Islam akan putus seutas demi seutas. Setiap kali terputus, manusia bergantung pada tali berikutnya. Yang paling awal terputus adalah hukumnya, dan yang terakhir adalah sholat.” (HR Ahmad). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement