Ahad 18 Oct 2020 05:50 WIB

Menjawab Adzan, Bagaimana Bacaannya?

Meniru ucapan orang yang beradzan itu disukai dan disubahkan.

Red: Ani Nursalikah
Menjawab Adzan, Bagaimana Bacaannya?
Foto: EPA-EFE / FAZRY ISMAIL
Menjawab Adzan, Bagaimana Bacaannya?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang jin, tidaklah seorang manusia, dan tidaklah sesuatu pun mendengar seruan adzan seseorang yang mengumandangkannya, melainkan mereka akan bersaksi untuknya pada Hari Kiamat."

Rasulullah SAW juga bersabda, "Apabila kalian mendengar panggilan adzan, ucapkanlah sebagaimana yang diucapkan oleh muazin (orang yang beradzan)."

Baca Juga

Meniru ucapan orang yang beradzan itu disukai dan disubahkan, kecuali ketika muazin mengucapkan, "Hayya 'ala al-shalah" (Marilah kita tunaikan shalat) dan "Hayya 'ala al-falah" (Marilah kita menuju kesuksesan).

Ketika muazin mengucapkan kedua kalimat tersebut, orang yang mendengar menjawab, "La hawla wa la quwwata illâ billah" (Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).

Dan, ketika muazin mengucapkan "Qad gamat al-shalah" (Sholat akan segera didirikan), orang yang mendengar mengatakan, "Aqamaha Allah wa adâmaha" (Semoga Allah membuatnya berdiri dan mengekalkannya).

Ketika adzan subuh, muazin mengucapkan, "Al-Shalah khayr min al-nawm" (Sholat lebih baik daripada tidur), orang yang mendengar mengatakan, "Shadaqta wa bararta" (Engkau (muazin) benar dan engkau telah berbuat baik).

Setelah azan selesai, ia membaca doa sesudah adzan berikut ini.

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

"Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz."

Artinya: “Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.”

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنَ الْاِبِلِ اثْنَيْنِ وَمِنَ الْبَقَرِ اثْنَيْنِۗ قُلْ ءٰۤالذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ اَمِ الْاُنْثَيَيْنِ اَمَّا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ اَرْحَامُ الْاُنْثَيَيْنِۗ اَمْ كُنْتُمْ شُهَدَاۤءَ اِذْ وَصّٰىكُمُ اللّٰهُ بِهٰذَاۚ فَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا لِّيُضِلَّ النَّاسَ بِغَيْرِ عِلْمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ ࣖ
Dan dari unta sepasang dan dari sapi sepasang. Katakanlah, “Apakah yang diharamkan dua yang jantan atau dua yang betina, atau yang ada dalam kandungan kedua betinanya? Apakah kamu menjadi saksi ketika Allah menetapkan ini bagimu? Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah untuk menyesatkan orang-orang tanpa pengetahuan?” Sesungguhnya Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

(QS. Al-An'am ayat 144)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement