Selasa 20 Oct 2020 13:07 WIB

Peminat Properti Harga Kurang dari Rp 300 Juta Masih Tinggi

Suplai properti tertinggi justru pada rentang harga Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Deretan rumah di Cibarengkok  Pengasinan, Bogor, Jawa Barat (ilustrasi). Properti dengan harga kurang dari Rp300 juta masih menjadi permintaan tertinggi di kuartal ketiga tahun ini.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Deretan rumah di Cibarengkok Pengasinan, Bogor, Jawa Barat (ilustrasi). Properti dengan harga kurang dari Rp300 juta masih menjadi permintaan tertinggi di kuartal ketiga tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Properti dengan harga kurang dari Rp 300 juta masih menjadi permintaan tertinggi di kuartal ketiga tahun ini. Selain itu, properti dengan rentang harga Rp 500 juta hingga Rp1 miliar juga termasuk yang paling banyak dicari. 

Di sisi lain, kondisi tersebut berbanding terbalik dengan ketersediannya. Berdasarkan riset 99 Group, suplai properti tertinggi terdapat pada rentang harga Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar. Tim analis 99 Group juga menemukan rumah masih jadi tipe properti utama yang paling dicari masyarakat. 

Baca Juga

Setelah rumah, tanah merupakan tipe properti paling diminati (top demand) pada kuartal ketiga 2020 dengan persentase 6,21 persen. Permintaan trringgi berikutnya yaitu apartemen 4,29 persen, ruko 2,99 persen, dan sisanya gudang, area komersial, serta kantor. 

"Sementara itu dari segi pasokan, ketersediaan sejumlah properti telah mencukupi yaitu sebesar 10.48 persen untuk tanah, 10.89 persen untuk apartemen, dan 7.26 persen untuk ruko," ungkap CEO 99 Group Indonesia Ming Hwee Chong melalui keterangan resminya, Senin (19/10).

Ming mengatakan, transisi dari akhir kuartal kedua ke awal kuartal ketiga 2020 merupakan masa pemulihan untuk bisnis properti. Permintaan dan pasokan properti pun kembali menggeliat di masa itu. 

Data Tim Analis 99 Group Indonesia menunjukkan, terjadi kenaikan kunjungan dari April ke akhir kuartal ketiga 2020. Hal ini salah satunya tampak dari permintaan pencarian di situs Rumah123.com.

Secara umum, rata-rata pencarian properti di situs Rumah123.com pada kuartal ketiga lebih besar dibandingkan pasokan yang ada. Tim Analis 99 Group mencatat, Sawangan, dan Alam Sutera merupakan area yang memiliki kenaikan permintaan tertinggi, yaitu mencapai 80.83 persen. Sebelumnya, dua wilayah ini tak masuk dalam lima teratas area pencarian pada kuartal kedua 2020.

"Sementara itu dari segi pasokan, Kelapa Gading dan Bintaro tercatat sebagai area dengan pasokan properti terbanyak. Di sisi lain, pasokan Citraland dan Pantai Indah Kapuk terekam naik paling besar di kuartal ketiga 2020," tutur Ming.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement