Jumat 30 Oct 2020 03:23 WIB

Infografis Pakar Botani Islam yang jadi Rujukan

Banyak ilmuwan Muslim pada zaman klasik menjadi pakar botani yang jadi rujukan.

Red: Joko Sadewo
Foto: republika
Pakar botani dalam sejarah Islam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  Cukup banyak ilmuwan Muslim pada zaman klasik menjadi pakar botani. Karya-karya mereka tersebar luas dan beberapa di antaranya dapat dibaca sampai saat ini. Mereka antara lain mengkaji khasiat tanaman-tanaman tertentu yang dapat menjadi bahan baku obat. 

Beberapa dari para ilmuwan itu merancang klasifikasi tanaman yang telah ditemukan.  Mereka adalah sebagai berikut:

>Ad-Dinawari

Abu Hanifah Ahmad bin Dawud Dinawari (828-896). Kepakarannya mencakup beragam ilmu, seperti astronomi, metalurgi, matematika, geografi, sejarah, dan biologi. Dunia modern lebih mengenal namanya dalam lingkup ilmu botani.  Karyanya, Kitab an-Nabat, menjadi rujukan utama botani abad kesembilan. 

>Al-Qalanisi

Ilmuwan abad ke-12 ini menulis buku Aqrabadhin yang membahas tentang kehidupan tanaman. Al-Qalanisi membahas tentang pengaruh cuaca terhadap pertumbuhan sayur mayur. Dia juga memaparkan persoalan pengembangbiakan tanaman melalui intervensi manusia.     

Ibn as-Suri

Pria bernama lengkap Rasyiduddin bin al-Suri ini lahir di Tyre Lebanon pada 1177.  Pada masa kekuasaan Sultan al-Mu'azzam dan Sultan an-Nashir, dia menjadi kepala dokter istana. Dia wafat di Damaskus pada 1242. Karyanya antara lainAl-Adwiya al- Mufrada.Dia memaparkan persoalan obat-obatan, termasuk khasiat herbal.

Penulis: Hasanul Rizqa

Pengolah Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement