Jumat 23 Oct 2020 20:32 WIB

Luhut: Angka Penularan Covid di 4 Provinsi Naik 20 Persen

Luhut mengatakan angka penularan Covid-19 di empat provinsi naik 20 persen.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan
Foto: Ist
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan angka penularan Covid-19 di sembilang provinsi yang menjadi prioritas pemerintah telah mengalami penurunan signifikan. Namun, sayangnya kini ada empat provinsi lain yang justru mengalami kenaikan hingga 20 persen.

Luhut menjelaskan dari sembilan provinsi prioritas yang menyumbang 72 persen angka penularan saat ini sudah turun 11 persen. Hanya saja di wilayah Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Timur dan Papua malah mengalami kenaikan.

Baca Juga

"Sayangnya empat provinsi yang tadinya berkontribusi hanya 13 persen malah sekarang naik 20 persen. Ini terpaksa saya ambil langkah penanganan khusus. Saya kumpulin gubernur dan Dinkesnya. Mereka kurang disiplin," ujar Luhut di Lemhanas, Jumat (23/10).

Luhut mengatakan untuk bisa menekan angka penularan yang perlu dilakukan pemerintah daerah adalah menegakan kedisplinan masyarakat. Di satu sisi, tenaga kesehatan harus bisa cekatan untuk memberikan penanganan. Kecepatan dan efektifitas penanganan menjadi kunci menekan angka penularan.

"Tadi tiga strategi yang kita terapkan itu kelihatan dampaknya jadi kalau ada yang bilang di media saya bukan ahli epidemiologi memang tidak tapi saya mengerti bagaimana supaya kita bisa jalan," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement