Tuesday, 7 Syawwal 1445 / 16 April 2024

Tuesday, 7 Syawwal 1445 / 16 April 2024

HNW Ingatkan Milenial Teladani Tokoh Muda Era Perjuangan

Senin 26 Oct 2020 07:46 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) yang juga Anggota Komisi VIII DPR RI, Dr. H. M Hidayat Nur Wahid  menyatakan Tokoh muda era perjuangan mampu gelar Kongres Pemuda dan lahirkan Sumpah Pemuda

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) yang juga Anggota Komisi VIII DPR RI, Dr. H. M Hidayat Nur Wahid menyatakan Tokoh muda era perjuangan mampu gelar Kongres Pemuda dan lahirkan Sumpah Pemuda

Foto: istimewa
Tokoh muda era perjuangan mampu gelar Kongres Pemuda dan lahirkan Sumpah Pemuda

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN -- Wakil Ketua MPR Dr. H.M. Hidayat Nur Wahid, MA mengungkapkan bahwa tepat 92 tahun yang lalu, yakni tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta) terjadi peristiwa yang menjadi sejarah besar bangsa Indonesia.  

Saat itu, para pemuda dan tokoh-tokoh muda dari berbagai daerah di Indonesia menggelar Kongres Pemuda II yang melahirkan sebuah ikrar bersama untuk mewujudkan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Ikrar itu dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

Ada yang patut dicermati dari peristiwa itu yakni, susunan kepanitiaan serta pimpinan kongres ditentukan secara musyawarah sehingga tersusun merata dan adil mengakomodir semua daerah, golongan dan organisasi, antara lain Ketua Sugondo Djojopuspito (PPPI), Wakil Ketua R.M. Joko Marsaid (Jong Java), Sekretaris Muhammad Yamin (Jong Soematranen Bond), Bendahara Amir Sjarifudin (Jong Bataks Bond), pembantu I Johan Mohammad Cai (Jong Islamieten Bond), Pembantu II R. Katjasoengkana (Pemoeda Indonesia), Pembantu III R.C.I. Sendoek (Jong Celebes), Pembantu IV Johannes Leimena (Jong Ambon), dan Pembantu V Mohammad Rochjani Su’ud (Pemoeda Kaoem Betawi).

“Hal tersebut membuktikan bahwa mereka sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila yang saat itu malah belum lahir.  Suatu bukti juga, jika nilai-nilai luhur bangsa dikedepankan, maka hasilnya akan baik dan bermanfaat,” katanya, saat hadir dan memberikan sambutan secara virtual pada acara Temu Tokoh Nasional/Kebangsaan kerjasama MPR dengan Gema Keadilan Sumatra Barat, di Kota Pariaman, Sumatera Barat, Ahad (25/10).

Acara yang bertema ‘Merekat Kesatuan Nasional Jelang Peringatan Sumpah Pemuda’ tersebut dihadiri anggota Gema Keadilan, para tokoh dan masyarakat sekitar.

Dikatakan Pimpinan MPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, melihat begitu luarbiasanya kiprah para pemuda tersebut, generasi muda Indonesia saat ini mesti meneladani dan mengambil pelajaran dari mereka.

Sebab, mengutip dari kitab Muqaddimah ditulis sejarawan muslim Ibnu Khaldun, yang menyatakan bahwa ‘sejarah adalah pengulangan’, bukan tidak mungkin sejarah keberhasilan para pemuda di era itu terulang kembali di masa kini, dalam bentuk lain yakni mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia. 

“Cermati faktor-faktor yang membuat mereka berhasil antara lain, tidak memikirkan diri sendiri atau kelompoknya, kemampuan untuk bekerjasama, kemampuan untuk bisa dipercaya, mengedepankan musyawarah untuk mencapai mufakat, kerja keras, saling mendukung satu sama lain, menjadikan perbedaan menjadi sebuah kekuatan untuk maju bersama-sama,” ujarnya.

Faktor lainnya adalah para tokoh muda itu adalah kaum yang terdidik, pintar, berwawasan luas, tidak taklid buta, dan tidak fanatisme berlebihan.  “Semua kelebihan tersebut penting, sebab tanpa itu semua tidak mungkin bisa memberikan ilham dan membangkitkan semangat rakyat berjuang keras meraih kemerdekaan,” tambahnya.

Untuk itu, HNW mengajak para pemuda Indonesia untuk cepat bangkit dan segera raih keberhasilan yang pernah diraih para tokoh muda bangsa dahulu itu, kalau bisa harus lebih baik dari mereka.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler