Jumat 30 Oct 2020 08:23 WIB

Sebanyak 50 Wisatawan di Puncak Reaktif

Mereka langsung menjalani tes usap dan tidak diperkenankan bepergian ke jalur puncak

Red: Hiru Muhammad
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor laksanakan rapid test untuk wisatawan kawasan Puncak, Kamis (29/10).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor laksanakan rapid test untuk wisatawan kawasan Puncak, Kamis (29/10).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAWI-- Sebanyak 50 wisatawan di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dinyatakan reaktif dari hasil tes cepat Covid-19 atau rapid test secara masal di tiga titik Kawasan Puncak yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor. "Dari 1.000 rapid tes, ada 50 wisatawan luar Bogor yang dinyatakan reaktif, 24 orang dari hasil pemeriksaan di Telaga Warna, 13 orang dari hasil pemeriksaan di Gadog dan 13 orang dari Kantor Kecamatan Megamendung," Kata Kepala Dinkes Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina, Kamis (29/10).

Menurut dia sebanyak 50 wisatawan yang dinyatakan reaktif itu langsung menjalani tes usap atau swab test, dan tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan ke jalur puncak. "Nanti untuk hasil swabnya kami akan kabarkan kemudian hari. Tapi pendataan sudah kita lakukan by name dan by address," kata Mike.

Ia mengatakan, jika dari hasil tes usap para wisatawan yang reaktif itu hasilnya positif COVID-19, maka Dinkes Kabupaten Bogor segera berkoordinasi dengan Dinkes di daerah masing-masing tempat tinggal wisatawan yang berasal dari luar Bogor. "Kami akan langsung berkoordinasi dengan pemerintah daerah di mana wisatawan ini tinggal, untuk kemudian ditindaklanjuti oleh pemerintah di sana," tuturnya

Namun, khusus wisatawan asal Kabupaten Bogor, jika hasilnya positif COVID-19, maka pihaknya segera melakukan penelusuran atau tracing terhadap orang-orang kontak erat dengan yang bersangkutan.

Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan tes cepat Covid-19 atau rapid test kepada 1.000 wisatawan di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor. Pelaksanaan rapid test massal dibagi menjadi tiga lokasi, yaitu Simpang Gadog Ciawi, Megamendung, dan Telaga Warna Cisarua, dengan mengerahkan 40 petugas kesehatan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement