Senin 02 Nov 2020 01:38 WIB

Legenda Sepak Bola Bobby Charlton Didiagnosis Demensia

Bobby Charlton merupakan legenda timnas Inggris dan Manchester United di masanya.

Red: Nora Azizah
Bobby Charlton
Foto: AP/Tim Hales
Bobby Charlton

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda tim nasional Inggris dan ikon Manchester United, Bobby Charlton, dilaporkan baru saja didiagnosa mengidap penyakit demensia. Laporan itu diturunkan oleh harian The Telegraph pada Ahad (1/11).

Sebagaimana dilansir dari Reuters, Ahad, informasi ini telah mendapat izin dari istri Charlton, Norma. Ia berharap pengetahuan diagnosa demensia itu bisa membantu pihak-pihak lain.

Baca Juga

Penikmat sepak bola Inggris masih dilanda suasana duka setelah kepergian mantan pemain timnas lainnya, Nobby Stiles, dua hari lalu serta kakak Charlton, Jack, yang meninggal pada Juli lalu. Seperti diketahui, Charlton, Jack dan Stiles, ketiganya diketahui mengidap demensia.

Charlton yang kini berusia 83 tahun merupakan pilar penting keberhasilan Inggris menjuarai Piala Dunia 1966 di kandangnya sendiri. Ia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik di dunia saat itu, lewat penghargaan Ballon d'Or yang dianugerahkan kepadanya.

Charlton merupakan salah satu penyintas kecelakaan pesawat di Muenchen pada 1958 yang menewaskan delapan pemain Manchester United saat itu. Selang satu dekade kemudian, Charlon mencetak dua gol ke gawang Benfica untuk membawa Manchester United meraih trofi Piala Champions pertama mereka.

Charlton merupakan pencetak gol terbanyak Inggris dan Manchester United sepanjang masa, sebelum Wayne Rooney melampauinya di kedua rekor tersebut. Jebolan akademi Manchester United itu belakangan dianugerahi gelar ksatria dari Britania Raya pada 1994.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement