Senin 02 Nov 2020 13:30 WIB

Wisatawan Tenggelam di Selatan Sukabumi Ditemukan Meninggal

wisatawan bermana Aldi Rehan ditemukan meninggal usai dilaporkan tenggelam kemarin

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Korban kapal tenggelam (ilustrasi).
Foto: Antara
Korban kapal tenggelam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Seorang wisatawan yang tenggelam di Pantai Batu Bintang, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi ditemukan meninggal dunia pada Senin (2/11) pagi. Sebelumnya korban dilaporkan tenggelam pada Ahad (1/11) siang.

Keterangan dari Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta menyebutkan, korban ditemukan tim SAR gabungan pada Senin (2/11) sekitar pukul 06.20 WIB pagi ini. "Korban yang bernama Aldi Rehan (16), ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dengan radius kurang lebih 50 meter dari lokasi kejadian," ujar Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR, Senin.

Selanjutnya, jenazah korban langsung dievakuasi oleh tim SAR gabungan menuju rumah keluarga korban yang terletak di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pada saat ditemukan berdasarkan keterangan dari warga sekitar yang melihat korban terdampar di batu pemecah ombak yang ada di dekat lokasi korban tenggelam dan terseret arus.

Sebelumnya ungkap Hendra, tim SAR gabungan melakukan pencarian dengan melakukan penyisiran secara visual melalui jalur darat hingga 500 meter dari lokasi kejadian pada Ahad malam hingga pagi ini korban ditemukan. Operasi SAR ini melibatkan unsur-unsur SAR gabungan yang terdiri dari Pos SAR Sukabumi, Polsek Palabuhanratu, Polair Polres Palabuhanratu, Pos AL Palabuhanratu, P2BK BPBD Kabupaten Sukabumi, Balawista, nelayan, keluarga korban, dan masyarakat setempat.

Hendra mengungkapkan rasa duka yang mendalam atas musibah yang dialami korban serta ucapan rasa terima kasih atas kerjasama dari tim SAR gabungan hingga akhirnya korban ditemukan. Ia mengungkapkan korban terseret arus hingga akhirnya tenggelam pada Ahad (1/11) siang sekitar pukul 13.00 WIB.

Korban yang sedang berenang bersama kedua rekannya di Pantai Batu Bintang, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Namun secara tiba-tiba tanpa disadari ada ombak yang cukup tinggi menghantam ketiganya dan arusnya menyeret mereka ke tengah.

Di mana dua orang rekannya berhasil diselamatkan atas nama Jasmine Usi Syahbahi (15) dan Delillah Cyntia Nurhaliza (17) kemudian langsung dievakuasi menuju RSUD Palabuhanratu untuk mendapatkan perawatan. Sedangkan Aldi Rehan (16) tidak berhasil diselamatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement