Rabu 04 Nov 2020 13:00 WIB

Dahana Uji Coba Peledakan untuk Proyek Kereta Cepat

Uji coba peledakan dilakukan untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Direktur Utama PT Dahana (Persero) Budi Antono di Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (12/11).
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Direktur Utama PT Dahana (Persero) Budi Antono di Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (12/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Dahana (Persero) melaksanakan trial blasting atau uji coba peledakan pada proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung. Direktur Utama PT Dahana Budi Antono mengatakan uji coba peledakan dengan menggunakan bahan peledak Dayagel Extra & Dayadet Long Period (LP) produksi Dahana ini dilakukan di Tunnel #11 Outlet Desa Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat pada Selasa (3/11).

Budi menyampaikan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung merupakan salah satu dari proyek yang dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka mempercepat pembangunan.

Baca Juga

"Proyek yang mampu memangkas waktu antara Jakarta-Bandung ini berlanjut kembali setelah beberapa bulan kegiatan blasting sempat terhenti disebabkan adanya faktor teknis terkait kondisi lingkungan," ujar Budi dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (4/11).

Tim, kata Budi, kemudian kembali melakukan kajian teknis aplikasi peledakan yang lebih detail disesuaikan dengan kondisi lingkungan setempat. Melalui Trial Blasting, Budi berharap akan mendapatkan aplikasi operasi blasting yang lebih optimal diarea Gunung Bohong tersebut.

Budi menyampaikan Dahana mendapat kepercayaan menjadi kontraktor blasting services oleh China Railway Group Limited (CREC) selaku pemegang proyek. Rencananya proyek ini akan dibangun sepanjang sepanjang 142,3 Km yang melintasi 96 Desa, 30 kecamatan, dan 9 Kota Kabupaten sepanjang Jakarta hingga Bandung. 

"Dahana sendiri sudah terlibat sejak awal pembangunan, tahun lalu perusahaan pelat merah ini telah melakukan first blasting membangun terowongan di Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat," ucap Budi. 

Pada proyek ini, ucap Budi, memenangkan tender tunneling dan berbagai macam jasa peledakan seperti Transportasi Bahan Peledak (explosives materials transportation), Jasa Layanan Peledakan untuk Terowongan (tunnel blasting services) dan Jasa Layanan Pengelolaan Gudang Handak (magazines management, security, police) serta Pembangunan Gudang Bahan Peledak (Magazines construction), Pengurusan perizinan terkait bahan peledak (Permits handling), Supply bahan peledak (explosives materials supply).

Menurut Budi, keikutsertaan Dahana pada proyek pembangunan nasional merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi Dahana. "Kita patut bangga karena Dahana sudah ikut terlibat secara nyata dalan proyek pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung," kata Budi menambahkan.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ اَرَاَيْتُمْ شُرَكَاۤءَكُمُ الَّذِيْنَ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗاَرُوْنِيْ مَاذَا خَلَقُوْا مِنَ الْاَرْضِ اَمْ لَهُمْ شِرْكٌ فِى السَّمٰوٰتِۚ اَمْ اٰتَيْنٰهُمْ كِتٰبًا فَهُمْ عَلٰى بَيِّنَتٍ مِّنْهُۚ بَلْ اِنْ يَّعِدُ الظّٰلِمُوْنَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا اِلَّا غُرُوْرًا
Katakanlah, “Terangkanlah olehmu tentang sekutu-sekutumu yang kamu seru selain Allah.” Perlihatkanlah kepada-Ku (bagian) manakah dari bumi ini yang telah mereka ciptakan; ataukah mereka mempunyai peran serta dalam (penciptaan) langit; atau adakah Kami memberikan kitab kepada mereka sehingga mereka mendapat keterangan-keterangan yang jelas darinya? Sebenarnya orang-orang zalim itu, sebagian mereka hanya menjanjikan tipuan belaka kepada sebagian yang lain.

(QS. Fatir ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement