Ahad 08 Nov 2020 14:28 WIB

Anies Harap Penambahan Rumah DP Nol Kian Bermanfaat

Pemprov DKI mengupayakan agar masyarakat memiliki hunian terjangkau dan layak.

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Fuji Pratiwi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies menyebut, rumah DP nol membuat masyarakat mendapatkan hunian yang terjangkau dan layak.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies menyebut, rumah DP nol membuat masyarakat mendapatkan hunian yang terjangkau dan layak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemporv) DKI Jakarta bekerja sama dengan Perum Perumnas dalam menyediakan rumah susun sederhana milik (rusunami) dengan uang muka atau down payment (DP) nol rupiah. Terdapat dua lokasi rusumani DP nol rupiah, yakni Rusunami Bandar Kemayoran, di Jalan Rajawali Utara, Pademangan Timur, Jakarta Utara dan Rusunami Sentraland Cengkareng, Jalan Boulevard Timur, Cengkareng, Jakarta Timur.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan telah meninjau Rusunami Bandar Kemayoran, Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (7/11). Anies meninjau area bermain anak dan menuju Blok A5 lantai 16 untuk meninjau kondisi unit Rusunami tersebut.

Baca Juga

Anies mengatakan, program tersebut untuk menghilangkan biaya muka yang selama ini dibebankan kepada pembeli. Penambahan rumah DP nol rupiah melalui kerja sama dengan Perum Perumnas dapat semakin banyak memberikan manfaat.

"Ujungnya adalah bagaimana kita bisa membuat masyarakat mendapatkan hunian yang terjangkau dan layak. Sehingga dalam jangka panjang secara bertahap kesejahteraannya meningkat," kata Anies.

Salah satu penerima manfaat program rumah DP nol rupiah di Rusunami Bandar Kemayoran, Lucky Yanuar Dwiyani (31 tahun), tak menyangka memperoleh program tersebut. Mulanya, wanita yang bekerja sebagai pegawai honorer di sebuah Puskesmas itu hanya berniat mencari kontrakan.

"Awalnya saya cuma mau nyari kontrakan, tapi dapat informasi dari kerabat ada program DP Nol Rupiah ini. Akhirnya saya coba mendaftar, alhamdulillah malah bisa punya rumah milik sendiri," ungkap Lucky.

Selain tanpa DP dan biaya ringan, Lucky mengungkapkan Rusunami Bandar Kemayoran juga dilengkapi sejumlah fasilitas, di antaranya fasilitas ramah anak, rumah ibadah hingga keamanan di hunian tersebut. "Kebetulan dekat ke sekolah anak dan deket tempat kerja. Karena itu setiap hari saya cukup menggunakan sepeda ke tempat kerja," kata Lucky menjelaskan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement