Selasa 10 Nov 2020 16:33 WIB

BBC Selidiki Bocornya Wawancara dengan Putri Diana

Wawancara Putri Diana pada 1995 tersebut berisi informasi yang mengejutkan dunia.

Red: Nora Azizah
Pimpinan BBC Inggris mengatakan akan mengadakan penyelidikan tentang bocornya  wawancara dengan mendiang Putri Diana pada 1995 didapatkan (Foto: Putri Diana)
Foto: Huffington post
Pimpinan BBC Inggris mengatakan akan mengadakan penyelidikan tentang bocornya wawancara dengan mendiang Putri Diana pada 1995 didapatkan (Foto: Putri Diana)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan BBC Inggris mengatakan akan mengadakan penyelidikan tentang bocornya  wawancara dengan mendiang Putri Diana pada 1995 didapatkan. Wawancara tersebut beredar di tengah tuduhan dari saudara laki-laki Diana bahwa Diana dijebak agar ambil bagian dalam wawancara.

Selama wawancara yang ditonton lebih dari 20 juta pemirsa di Inggris tersebut, Diana mengejutkan masyarakat dengan mengakui perselingkuhan. Ia juga mengungkapkan detail dari pernikahannya yang gagal dengan pewaris tahta Pangeran Charles.

Baca Juga

“BBC menanggapi ini dengan sangat serius dan kami ingin mengungkap kebenaran, kami dalam proses penyelidikan yang kuat dan independen," kata Direktur Jenderal BBC Tim Davie, 

Seperti diketahui, bulan ini saudara lelaki Diana, Charles Spencer, mengatakan bahwa BBC tidak meminta maaf terhadap dokumen palsu dan tipuan lain yang membuatnya memperkenalkan jurnalis Martin Bashir kepada Diana. Dilansir Reuters, Selasa (10/11), Daily Mail juga menerbitkan catatan Spencer selama pertemuan antara Bashir dan Diana pada 1995.

Surat kabar itu mengatakan bahwa sang jurnalis melakukan beberapa hal demi mendapatkan wawancara. Beberapa di antaranya adalah klaim bahwa Diana disadap oleh dinas keamanan, dua asisten senior yang dibayar untuk memberikan informasi tentang Diana, dan Bashir memberikan laporan bank palsu untuk mendukung aksi ini.

Spencer menuntut agar BBC minta maaf dan membuat penyelidikan independen tentang bagaimana Bashir mendapatkan wawancara dengan Diana. Menurut sang adik, dia dikeluarkan dari penyelidikan internal BBC pada 1996.

Dalam cuitan di Twitter, Ahad lalu, Spencer mengatakan dia tahu Bashir menggunakan rekening bank palsu dan ketidakjujuran lain untuk mewawancarai Diana. Ia juga mengatakan bahwa pihak BBC mengetahuinya tetapi menutupinya.

Ucapan Diana kepada Bashir mengenai, "ada tiga orang di pernikahan ini, jadi agak ramai," merujuk pada hubungan Charles dengan Camilla yang kini jadi istri keduanya sejak Diana meninggal. Ini sangat merusak citra Charles kala itu.

Mereka bercerai pada 1996 dan Diana terbunuh dalam kecelakaan mobil pada usia 36 di Paris pada tahun berikutnya. Mantan pimpinan BBC Michael Grade mengatakan masalah ini sangat serius untuk badan penyiaran yang didanai publik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement