Kamis 19 Nov 2020 20:56 WIB

AS Catat 250 Ribu Kematian Akibat Covid-19

Kasus virus corona di AS mencapai 11,5 juta.

Red: Nur Aini
Lebih dari seperempat juta orang di Amerika Serikat meninggal dunia akibat Covid-19
Lebih dari seperempat juta orang di Amerika Serikat meninggal dunia akibat Covid-19

 

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Lebih dari seperempat juta orang di Amerika Serikat meninggal dunia akibat Covid-19 sejak kematian pertama yang tercatat pada awal Februari. Universitas Johns Hopkins yang berbasis di Maryland pada Rabu mencatat 250.029 kematian akibat virus korona dan 11,4 juta kasus infeksi.

Baca Juga

Sementara itu, hampir 4,3 juta orang dinyatakan pulih dari virus tersebut. AS terus memimpin dalam jumlah kasus maupun kematian terbanyak di dunia.

Pencapaian terbaru muncul setelah perusahaan biotek AS Moderna, produsen obat AS Pfizer dan perusahaan biotek Jerman BioNTech mengumumkan bahwa efektifitas kandidat vaksin mereka lebih dari 90 persen. Baik Pfizer dan Moderna minggu ini menekankan bahwa kandidat vaksin mereka efektif sekitar 95 persen dalam uji coba Tahap 3.

Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar mengatakan pada hari sebelumnya bahwa negara itu akan memiliki sekitar 40 juta dosis vaksin Covid-19 yang akan tersedia pada akhir bulan depan.

"Pada akhir Desember, kami berharap sekitar 40 juta dosis dari dua vaksin ini tersedia untuk distribusi menunggu otorisasi FDA, cukup untuk memvaksinasi sekitar 20 juta orang Amerika yang paling rentan," kata Azar kepada wartawan.

Menurut data Johns Hopkins, negara bagian Texas melaporkan jumlah kasus tertinggi, yaitu 1.078.875, disusul oleh Kalifornia dengan 1.057.245 dan Florida dengan 905.248. Secara global, kasus Covid-19 di seluruh dunia mencapai lebih dari 56 juta, sementara kematian menembus angka 1,34 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement