Jumat 20 Nov 2020 00:55 WIB

Wonder Woman 1984 Dipastikan Rilis Bioskop dan Daring

Di tengah pandemi, merilis film baru membutuhkan pertimbangan yang sangat matang

Rep: Farah Noersativa/ Red: Christiyaningsih
Gal Gadot dalam Wonder Woman 1984.
Foto: Dok Warner Bros
Gal Gadot dalam Wonder Woman 1984.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah pandemi, merilis film baru membutuhkan pertimbangan yang sangat matang. Warner Bros pun dinilai berupaya sangat berani dalam menyelamatkan lesunya industri perfilman saat akhirnya merilis film Tenet besutan Christopher Nolan di bioskop pada Agustus lalu.

Namun, perilisan itu tak disertai dengan respons masyarakat yang baik karena masyarakat memang masih enggan ke bioskop. Angka pendapatan yang hanya mencapai 56 juta dollar di AS disebut-sebut sebagai alasan di balik pengumuman Universal yang menyatakan penundaan perilisan film Bond No Time to Die hingga April 2021.

Baca Juga

Menurut laman The Guardian yang dilansir Kamis (19/11), studio tersebut telah menggandakan strateginya. Studio mengumumkan rencana untuk tetap berpegang pada rilis bioskop saat Natal mendatang untuk sekuel superhero Wonder Woman 1984. Di samping itu, film tersebut juga akan tersedia daring (online) secara bersamaan.

Film yang mempertemukan kembali bintang Gal Gadot dan sutradara Patty Jenkins itu akan dirilis di bioskop Inggris pada 16 Desember. Hal tersebut dilakukan meskipun masih ada ketidakpastian apakah mereka akan dibuka kembali pada waktunya setelah karantina wilayah saat ini.

Di AS, film tersebut akan diputar di bioskop pada hari Natal. Film itu juga akan tayang di HBO Max, di mana film tersebut akan tayang selama sebulan sebelum pindah ke platform streaming lainnya.

Meskipun beberapa layar terbuka dan perdagangan di drive-in lebih tinggi daripada beberapa generasi, sebagian besar layar tetap tertutup. Termasuk di pasar utama seperti New York dan Los Angeles.

Sutradara Wonder Woman 1984, Petty Jenkins, menyampaikan berita tentang strategi rilis hybrid di Twitter. "Saatnya telah tiba. Pada titik tertentu Anda harus memilih untuk berbagi cinta dan kegembiraan yang harus Anda berikan, di atas segalanya," kata dia.

Jenkins mengatakan ia sangat mencintai filmnya karena dia mencintai penggemar. Oleh karenanya, mereka benar-benar berharap bahwa film ini membawa sedikit kegembiraan dan ketenangan bagi semua di musim liburan ini.

Film yang juga dirilis secara online saat Natal adalah Soul. Film itu adalah film terbaru Pixar yang sangat terkenal, yang rilis bioskopnya telah dibatalkan demi penayangan perdana di seluruh dunia di Disney+.

Wonder Woman 1984 awalnya dijadwalkan untuk dibuka pada Juni tahun ini. Namun karena pandemi Covid-19, tanggal itu bergeser ke Agustus dan kemudian ke Oktober.

Namun dengan berpegang pada beberapa rilis teatrikal tahun ini, film tersebut membedakan dirinya sebagai satu-satunya film waralaba superhero yang bertahan di tengah badai virus corona. Disney telah memindahkan Black Widow dan The Eternals ke 2021. Batman telah pindah ke tahun 2022.

Karena itu, penampilan film di bioskop menjadi barometer penting lainnya dari minat penonton untuk kembali ke layar lebar. Pakar akan tertarik untuk menilai tidak hanya dampaknya pada hari pertama rilis, tetapi juga pada pekan-pekan berikutnya; film aslinya melipatgandakan pendapatan box office AS setelah akhir pekan pembukaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement