Senin 23 Nov 2020 20:04 WIB

Cianjur Kemungkinan akan Tunda Belajar Tatap Muka

Kabupaten Cianjur khawatir sekolah bisa jadi klaster baru Covid-19.

Red: Nora Azizah
Pemkab Cianjur, Jawa Barat kemungkinan besar menunda pelaksanaan sekolah tatap muka (Foto: ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pemkab Cianjur, Jawa Barat kemungkinan besar menunda pelaksanaan sekolah tatap muka (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Pemkab Cianjur, Jawa Barat kemungkinan besar menunda pelaksanaan sekolah tatap muka. Hal itu karena dikhawatirkan menimbulkan klaster baru di wilayah tersebut.

Pjs Bupati Cianjur Dudi Sudrajat Abdurachim saat dihubungi, Senin (23/11), mengatakan, rencana pembukaan kembali sekolah secara tatap muka masih dalam pembahasan, karena berbagai pertimbangan, termasuk mencegah munculnya klaster baru di Cianjur. Dengan demikiam perlu berbagai upaya sebelum dilakukan pembukaan sekolah secara tatap muka.

Baca Juga

"Kami masih melakukan berbagai pembahasan dan pertimbangan bersama Satuan Tugas COVID-19 dan dinas pendidikan. Semoga dalam waktu dekat sudah ada keputusan, apakah dapat dilakukan awal tahun atau ditunda, meski menteri sudah mengizinkan sekolah tatap muka," katanya.

Ia menjelaskan, masih tingginya tingkat penularan di wilayah tersebut, menjadi salah satu pertimbangan ditundanya penerapan sekolah secara tatap muka. Namun, sejumlah upaya antisipasi akan dilakukan terlebih dahulu seperti penyemprotan disinfektan secara rutin dan melakukan tes cepat dan usap bagi tenaga pengajar yang dilanjutkan terhadap siswa menjelang pemberlakuan sekolah tatap muka.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Cianjur, dr Yusman Faisal, menambahkan, ditundanya pembukaan sekolah secara tatap muka sebagai upaya mencegah terjadinya klaster baru, seperti yang terjadi di ponpes yang sudah lebih dahulu menggelar proses belajar mengajar secara tatap muka. Hal tersebut menjadi salah satu acuan belum ada rencana sekolah digelar secara normal.

"Hasil rapat koordinasi dengan Forkopimda Cianjur, pembukaan sekolah secara tatap muka akan ditunda hingga tahun ajaran baru atau sampai tuntasnya penanganan COVID-19 secara nasional. Berbagai pertimbangan termasuk munculnya klaster baru, sehingga kami tidak mau mengambil risiko terhadap siswa," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement