Kamis 03 Dec 2020 20:02 WIB

Spotify Wrapped 2020 Telah Hadir, Bagaimana Reaksi Pengguna?

Spotify Wrapped hadir sejak Selasa malam.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Layanan streaming musik Spotify meluncurkan Wrapped 2020 yang merangkum banyak hal tentang 2020.
Foto: EPA
Layanan streaming musik Spotify meluncurkan Wrapped 2020 yang merangkum banyak hal tentang 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Layanan streaming musik Spotify merilis "Wrapped" yang membuat pengguna dapat melihat kembali musik paling populer pada 2020 untuk pengguna individu maupun untuk aplikasi secara keseluruhan. Dalam cicitannya pada Selasa malam, Spotify mengumumkan #2020Wrapped telah hadir.

Untuk pengguna individu, yang sebagian besar saat ini dapat melihat fitur tersebut di aplikasi mereka, daftar tersebut mencakup lagu teratas tahun ini, artis teratas tahun ini, genre teratas, menit didengarkan, dan banyak lagi. Spotify juga menyertakan tab yang menunjukkan "one song helped you get through it all".

Baca Juga

Fitur lagu teratas itu, termasuk informasi tentang kapan pengguna pertama kali mulai mendengarkan lagu di Spotify, apa yang membantu mereka bertahan pada 2020, hingga tanggal pengguna mendengarkan lagu di Spotify untuk ke-100 kalinya. Namun, di media sosial, banyak orang mengunggah bahwa Spotify menetapkan lagu yang telah membantu para pengguna aplikasi dalam mengatasi pandemi Covid-19 global dan isolasi karantina.

Beberapa tidak percaya bahwa Spotify dapat secara akurat menginformasikan lagu yang sering mereka dengar.

"BAGAIMANA SPOTIFY WRAPPED TAHU LAGU APA YANG MEMBUAT SAYA BISA MELALUI SEMUA INI??? (Mereka benar) TAPI APA JENIS SIHIR MEREKA???" salah satu orang menuliskan komentar.

Yang lain mengenang lagu-lagu yang mereka sebut sebagai lagu yang membuat mereka tetap waras ketika mereka mulai belajar bagaimana mengatasi kebiasaan baru selama karantina.

"Got my Spotify Wrapped 2020. Ini benar sekali. Lonely Night dan HP memang membantu saya melewati beberapa bulan pertama pandemi dan bekerja dari rumah. Lagu ini sangat bagus untuk membuat saya tetap waras," tulis seseorang tentang musik dari serial televisi Korea Selatan.

Dalam beberapa kasus, pendengar bahkan menandai band dan artis favorit mereka, berterima kasih kepada mereka atas dukungan musik yang mereka berikan pada awal pandemi. "Saya berterima kasih kepada Spotify karena telah membantu saya melalui segalanya," tulis salah satu pengguna dari Korea Selatan.

Bersamaan dengan musik yang dinikmati setiap pengguna, Spotify juga mencicit artis, album, dan lagu terbaik tahun ini. Artis top global termasuk rapper Bad Bunny, rapper Drake, penyanyi J Balvin, mediang rapper Juice Wrld, dan penyanyi The Weeknd. Penyanyi Billie Eilish dan Taylor Swift adalah dua wanita di antara 10 artis teratas.

Sementara 10 lagu teratas, banyak di antaranya juga menjadi hit viral di TikTok, termasuk "Blinding Lights" dari The Weeknd, "Dance Monkey" milik Tones And I, dan "The Box" karya Roddy Ricch. Di antara 10 album teratas di Spotify, "YHLQMDLG" Bad Bunny menempati posisi teratas, dengan "After Hours" dari The Weeknd berada di urutan kedua dan "Hollywood's Bleeding" dari Post Malone di urutan ketiga.

Di antara daftar lain yang diunggah sebagai bagian dari penutupan akhir tahun, Spotify mencantumkan 10 artis wanita teratas dan 10 podcast teratas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement