Ahad 13 Dec 2020 15:51 WIB

Mendikbud Jelaskan Anak Memiliki Profil Pelajar Pancasila

Kemendikbud merangkum enam komponen karakter yang diperlukan anak Pelajar Pancasila.

Red: Ratna Puspita
Mendikbud Nadiem Makarim.
Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Mendikbud Nadiem Makarim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjelaskan pentingnya anak memiliki profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila mengutamakan karakter yang dibutuhkan dalam persaingan global seperti kemampuan beradaptasi dan memiliki minat belajar hal baru.

"Adaptibilitas dan kemampuan belajar sepanjang hayat itu mahapenting. Kalau anak kita tidak bisa melihat situasi itu situasi baru dan tidak memiliki minat dan tidak punya minat belajar sesuatu yang baru, itu masalah," katanya dalam acara Malam Apresiasi Cerdas Berkarakter 2020 yang diselenggarakan Pusat Pendidikan Karakter Kemendikbud, dipantau dari Jakarta pada Sabtu (12/12) malam.

Baca Juga

Ia mengemukakan sebagai hal luar biasa penting agar anak memiliki minat memperbaiki diri dan belajar secara mandiri. Karena itu, Kemendikbud telah merangkum karakter yang diperlukan oleh anak dalam Pelajar Pancasila yang memiliki enam komponen, yang menjadi acuan dalam sistem pendidikan.

Pertama, katanya, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia sebagai bentuk acuan untuk membentuk karakter yang memiliki integritas, spiritualitas, dan moralitas. Profil kedua adalah berkebinekaan global yang dibutuhkan untuk berkompetisi secara global, di mana pelajar Indonesia bisa mencintai perbedaan seperti suku, agama, dan opini.

"Itu harus mencintai bukan hanya ditoleransi, tapi harus dicintai," kata Nadiem.

Ketiga, bernalar kritis untuk kemampuan memecahkan masalah di berbagai macam aspek dalam kehidupan, bukan hanya teoritis dalam mata pelajaran dan mempertanyakan informasi untuk menjadi individu yang kritis. Profil keempat adalah kreativitas karena di dunia masa depan tidak hanya berkaitan dengan seni dan budaya tetapi juga dalam menghadapi berbagai situasi.

"Kemampuan berinovasi untuk dirinya sendiri," ujar pria yang akrab disapa Mas Menteri itu.

Profil kelima adalah mandiri karena pentingnya anak memiliki motivasi mandiri untuk mencapai yang dia inginkan. Yang terakhir adalah gotong royong, yang menurut Nadiem, salah satu kompetensi teknis yang penting untuk anak di masa depan.

"Kemampuan untuk berkolaborasi, karena di masa depan kemampuan kita bekerja sebagai tim itu akan menjadi luar biasa penting," kata Nadiem.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement